Selasa, 06 Agustus 2019 19:21 WITA

Orang Kesepian dan Cemas Cenderung Menggunakan Aplikasi Kencan

Editor: Suriawati
Orang Kesepian dan Cemas Cenderung Menggunakan Aplikasi Kencan
Pixabay

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menggunakan aplikasi kencan umumnya kesepian dan memiliki kecemasan sosial.

Penelitian ini dilakukan oleh tim dari Ohio State University. Mereka melibatkan 269 mahasiswa yang memiliki pengalaman menggunakan satu atau lebih aplikasi kencan.

Mereka semua diminta menjawab pertanyaan yang dirancang untuk mengukur kesepian dan kecemasan sosial mereka. Misalnya, apakah mereka terus-menerus gelisah di sekitar orang lain.

Penggunaan kompulsif mereka juga diukur, dengan pernyataan seperti: "Saya tidak dapat mengurangi jumlah waktu yang saya habiskan untuk aplikasi kencan."

Peserta juga melaporkan hasil negatif menggunakan aplikasi kencan, seperti melewatkan pelajaran atau mendapat masalah karena lebih memperhatikan ponsel.

loading...

Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang memiliki kecemasan sosial dan kesepian lebih memilih kencan online daripada bertemu secara langsung.

Peneliti juga menemukan bahwa orang-orang yang kesepian lebih cenderung mengaku mengalami hasil negatif karena penggunaan aplikasi kencan.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Social and Personal Relationships.

Loading...
Loading...