Kamis, 18 Juli 2019 16:21 WITA

Pekerja Pabrik di China Gali Terowongan untuk Selundupkan Komponen iPhone

Editor: Suriawati
Pekerja Pabrik di China Gali Terowongan untuk Selundupkan Komponen iPhone
INT

RAKYATKU.COM - Enam tahun lalu, seorang karyawan gudang di China mencuri ribuan iPhone 5C dari sebuah pabrik, sebelum produk itu diluncurkan.

Dengan bantuan satpam, karyawan itu memalsukan dokumen dan menghindari kamera CCTV sehingga bisa lolos.

Insiden itu adalah salah satu kebocoran paling dahsyat dari rantai pasokan Apple. Gambar-gambar iPhone 5C segera muncul di Internet sebelum waktunya.

Dan, Apple tampaknya mengambil banyak pelajaran dari kejadian itu. Akhirnya, perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kebocoran serupa.

Menurut laporan theinformation.com, Apple segera membentuk tim "Keamanan Produk Baru" untuk memantau keamanan di pemasok paling sensitif di China.

Loading...

Pada satu titik, tim dilaporkan mencapai lebih dari 30 orang.

Apple merekrut mantan militer AS dan agen intelijen yang fasih berbahasa China untuk menjadi manajer keamanan di tim. Perusahaan juga mempekerjakan auditor pihak ketiga yang bertugas mengunjungi pabrik setiap minggu.

Salah satu penemuan tim ini adalah terowongan yang dibuat oleh pekerja pabrik di sudut ruangan. Itu dibuat oleh karyawan pabrik, dengan tujuan menyelundupkan komponen iPhone.

Mereka juga menemukan bahwa pekerja berulang kali mencoba membawa pulang komponen Apple menyembunyikannya dalam kotak tisu, sepatu, ikat pinggang, bra, air pel bekas, dan banyak lagi.

Tags
Loading...
Loading...