Senin, 15 Juli 2019 12:30 WITA

Video Game Bisa Tingkatkan Kreativitas

Editor: Andi Chaerul Fadli
Video Game Bisa Tingkatkan Kreativitas

RAKYATKU.COM - Video game telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Meskipun kita mungkin tidak bermain sendiri, orang-orang di sekitar kita pasti melakukannya. 

Meskipun bermain video game dalam jumlah sedang dapat menjadi cara yang baik untuk bersantai dan menciptakan interaksi sosial, bermain yang berlebihan memiliki efek negatif, dikutip dari Asia One, Senin (15/7/2019).

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Iowa State University mengungkapkan bahwa bermain video game dalam kondisi tertentu terkait dengan peningkatan kreativitas, Science Daily melaporkan.

Tim peneliti melakukan percobaan untuk membandingkan efek bermain Minecraft dengan atau tanpa instruksi, dengan efek menonton acara TV atau bermain video game mobil balap.

Dalam studi tersebut, 352 peserta diminta untuk bermain atau menonton TV selama 40 menit dan kemudian melakukan sejumlah tugas pengujian kreativitas. Salah satu tugasnya adalah menggambar makhluk yang jauh berbeda dari yang berkeliaran di Bumi. Semakin mirip manusia yang digambarkan, semakin rendah nilainya.

Para peserta yang telah memainkan Minecraft - sebuah permainan yang mengundang para pemain untuk menjelajahi dunia unik dan membangun kreasi imajinatif - dibagi menjadi dua kelompok, salah satunya telah diperintahkan untuk bermain sekreatif mungkin.

Rupanya, kelompok itu diperintahkan untuk bermain Minecraft dengan skor kreatif terendah dalam tes kreativitas yang mengikuti permainan.

Loading...

Profesor psikologi Douglas Gentile, bersama dengan sesama sarjana psikologi Jorge Blanco-Herrera dan Jeffrey Rokkum, menunjuk pada alasan yang masuk akal mengapa para pemain Minecraft yang kreatif tampil paling buruk dalam tes kreativitas berikutnya.

Blanco-Herrera mengatakan instruksi untuk menjadi kreatif mungkin sebenarnya membatasi pilihan pemain dalam permainan, sehingga membuat pengalaman menjadi kurang kreatif.

"Mungkin juga mereka menggunakan semua 'jus kreatif' mereka saat bermain dan tidak ada yang tersisa ketika tiba waktunya untuk menyelesaikan tes," kata Blanco-Herrera seperti dikutip.

Di samping Minecraft, sebagian besar video game mengharuskan pemain untuk menjadi kreatif sampai tingkat tertentu, misalnya ketika mereka membuat karakter atau membuat cerita atau strategi khusus untuk memenangkan permainan kompetitif.

Meskipun kami sering diingatkan tentang dampak negatif dari video game, kami mungkin juga ingin mengakui aspek pendidikan mereka.

Tags
Loading...
Loading...