Minggu, 14 Juli 2019 14:50 WITA

Militer AS Akan Menguji Kendaraan Robot Lapis Baja Tahun Depan

Editor: Suriawati
Militer AS Akan Menguji Kendaraan Robot Lapis Baja Tahun Depan
Foto via The Verge

RAKYATKU.COM - Angkatan Darat AS mengumumkan akan melakukan tes tembakan dari kendaraan robot lapis baja Robotic Combat Vehicle (RCV).

RCV dibangun di atas kapal induk lapis baja M113, dan akan dikontrol oleh tentara dalam kendaraan yang disebut Mission Enabler Technologies-Demonstrator (MET-Ds).

MET-Ds akan dilengkapi dengan kamera dan menara jarak jauh, yang akan dikendalikan oleh anggota kru dengan panel layar sentuh.

Tahap pertama pengujian akan dimulai Maret tahun depan di Fort Carson di Colorado, dan akan menampilkan dua kendaraan MET-D dan empat RCVS.

Setiap MET-D akan dikendalikan oleh pengemudi, penembak, dan empat tentara, yang akan mengendalikan sepasang RCV untuk menilai manuver tingkat peleton.

Selanjutnya, hasilnya akan diperiksa dan disesuaikan untuk pengujian di masa depan.

Loading...

Fase berikutnya akan lebih besar. Satu unit infantri akan menguji RCV di Eropa Mei tahun depan. Tes lain akan berlangsung sekitar akhir 2021, untuk menguji enam MET-D dan empat RCV M113, bersama dengan empat RCV ringan dan sedang.

Fase ketiga akan berlangsung pada tahun 2023, dengan enam MET-Ds dan empat M113 RCV, bersama dengan empat RCV menengah dan berat.

Militer AS telah bekerja selama beberapa tahun untuk mengembangkan kendaraan robot lapis baja. Tetapi kendaraan yang digunakan dalam tes ini bukanlah kendaraan robot yang akan terlibat dalam pertempuran.

Mereka adalah kendaraan pengganti yang dirancang untuk mensimulasikan platform masa depan.

Selain itu, tes tersebut ditujukan bukan pada kemampuan kendaraan, tetapi pada bagaimana operator menggunakannya dan untuk belajar bagaimana cara terbaik menggunakan kendaraan robot untuk menyerang musuh tanpa menempatkan tentara di garis tembak.

Loading...
Loading...