Jumat, 12 Juli 2019 13:29 WITA

Kamera Google Translate Kini Bisa Deteksi Bahasa Melayu

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kamera Google Translate Kini Bisa Deteksi Bahasa Melayu

RAKYATKU.COM - Google Translate telah menambahkan lebih banyak bahasa ke terjemahan kamera instan aplikasi selulernya. Kini aplikasi itu memungkinkan membaca menu dan papan nama dalam 88 bahasa termasuk Bahasa Malaysia, Hindi, dan Mandarin.

Manajer produk Google Translate, Xinxing Gu mengatakan pembaruan menambahkan dukungan untuk 60 bahasa tambahan, dengan daftar lengkap di sini, dikutip dari Asia One, Jumat (12/7/2019).

"Salah satu fitur favorit saya di aplikasi seluler Google Translate adalah terjemahan kamera instan, yang memungkinkan Anda melihat dunia dalam bahasa Anda dengan hanya mengarahkan lensa kamera Anda ke teks asing," katanya di Google Keyword Blog.

Dia menambahkan bahwa fitur terjemahan real-time mirip dengan yang diluncurkan di Google Lens dan harus bekerja bahkan ketika pengguna tidak terhubung ke WiFi atau menggunakan data seluler.

Sebelumnya Google Translate hanya bisa menerjemahkan bahasa lain ke bahasa Inggris.

Sekarang pengguna dapat menerjemahkan bahasa apa pun ke dalam lebih dari 100 bahasa di basis data Google, seperti Bahasa Malaysia ke Bahasa Mandarin, atau Bahasa Mandarin ke Bahasa Arab.

Loading...

Gu mengatakan fitur lain yang ditambahkan untuk membantu pelancong yang mungkin tidak mengenali bahasa apa yang mereka lihat adalah fitur Detect language yang mencari tahu bahasa sumber, lalu menerjemahkan ke bahasa pilihan Anda.

"Untuk pertama kalinya, teknologi Terjemahan Mesin Neural (NMT) dibangun ke dalam terjemahan kamera instan. Ini menghasilkan terjemahan yang lebih akurat dan alami, mengurangi kesalahan sebesar 55 persen menjadi 85 persen pada pasangan bahasa tertentu," katanya.

Dia menambahkan bahwa sebagian besar bahasa dapat diunduh ke perangkat pengguna, sehingga fitur ini dapat digunakan tanpa koneksi internet. Namun, jika perangkat terhubung, fitur menggunakan koneksi itu untuk menghasilkan terjemahan berkualitas lebih tinggi.

Aplikasi ini sekarang juga memiliki tampilan baru yang dimaksudkan untuk menjadi lebih intuitif. Google telah mengurangi efek flicker pada gambar yang diterjemahkan dan membuat tiga fitur terjemahan kamera - Instan, Pindai, dan Impor - lebih mudah ditemukan di bagian bawah aplikasi.

Tags
Loading...
Loading...