Senin, 08 Juli 2019 08:59 WITA

Astronom Belanda Berhasil Potret Pesawat Luar Angkasa Misterius AS

Editor: Suriawati
Astronom Belanda Berhasil Potret Pesawat Luar Angkasa Misterius AS
Ralf Vandebergh

RAKYATKU.COM - Seorang astronom Belanda mengambil foto-foto langka pesawat luar angkasa rahasia X-37B milik Angkatan Udara AS.

Ralf Vandebergh mengatakan dia telah mencoba untuk menemukan pesawat luar angkasa itu selama berbulan-bulan. Dia berhasil melacaknya pada Mei. 

Minggu lalu dia dapat mengambil foto X-37B saat melewati overhead pada 30 Juni hingga 2 Juli.  

"Ini benar-benar benda kecil, bahkan di ketinggian hanya 186 kilometer, jadi jangan berharap tingkat detail gambar berbasis darat dari pesawat ruang angkasa nyata," kata Vandebergh, menurut Live Science. 

"Kita bisa mengenali sedikit hidung, bay payload dan ekor mini-shuttle ini, bahkan dengan tanda detail yang lebih kecil," kata Vandebergh.

Dia memotret pesawat itu dengan teleskop Newtonian F / 4,8 aperture 10 inci dan kamera CMOS 5L-11 mono Astrolumina ALccd, setelah melacak X-37B secara manual dengan finderscope 6 × 30. 

Loading...

Pesawat tak berawak itu saat ini sedang menjalankan misi penerbangan kelima.

Ini diluncurkan dari salah satu roket SpaceX Falcon 9 Elon Musk di NASA Space Center NASA di Florida pada 7 September 2017. 

Pesawat luar angkasa itu memiliki panjang 29 kaki (8,8 meter), tinggi 9,6 kaki (3 meter) dan berat sekitar 11.000 pon (4.989 kg). 

Itu mengorbit di sekitar 200 mil dan didukung oleh sel surya dengan baterai lithium-ion.  

Sedikit yang diketahui tentang apa yang dibawanya tetapi itu diduga menjalankan misi untuk menguji umur panjang elektronik dan pipa panas di lingkungan luar angkasa.

Loading...
Loading...