Senin, 08 Juli 2019 04:30 WITA

Begini Cara Lacak Ponsel yang Hilang Pakai IMEI

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Cara Lacak Ponsel yang Hilang Pakai IMEI
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Ponsel ibarat nyawa kita. Banyak kenangan dan data pribadi tersimpan di sana. Tidak heran, kita berusaha untuk menjaganya dengan sebaik mungkin. 

Namun kadang kala malang tak dapat ditolak. Kehilangan ponsel lantaran terjatuh atau dicuri merupakan kejadian yang cukup marak. Sebuah studi di Amerika Serikat menyebutkan bahwa setiap tahun ada 70 juta ponsel raib alias berpindah tangan.

Tahukah kamu? kita dapat melacak ponsel Android yang hilang menggunakan nomor IMEI? IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode 15 digit unik yang disahkan oleh GSMA, berfungsi sebagai sertifikat identitas untuk ponsel. 

Setiap kali ponsel menggunakan jaringan untuk melakukan atau menerima panggilan dan pesan, nomor IMEI-nya secara otomatis dipancarkan dan dilacak. Polisi dan penyedia layanan memiliki database di mana nomor ID, sehingga pemilik dapat melaporkan nomor IMEI-nya dan membuatnya masuk daftar hitam (diblokir) jika terjadi pencurian.

Cara mengetahui nomor IMEI kita cukup mudah, yaitu menekan *#06#, ini adalah perintah untuk membuat ID unik tersebut muncul.

Bisa juga dengan menavigasi melalui "Pengaturan" dan ketuk "Tentang Telepon" untuk memeriksa kode IMEI ponsel Android. Jika ponsel mendukung dua kartu SIM, berarti ada dua nomor IMEI yang berbeda.

Nah, jika ponsel hilang, tetapi kemasannya disimpan, kamu masih dapat menemukan nomor IMEI pada label dos ponsel.

Loading...

Dilansir laman Viva, Senin (8/7/2019), untuk menemukan ponsel yang hilang bisa dengan memanfaatkan aplikasi pelacak IMEI.

Ada banyak aplikasi pencari telepon yang tersedia di Google Play, seperti Aplikasi AntiTheft & IMEI Tracker, Phone Location, Find Lost Phone, Find My Device, SeekDroid: Find My Phone, dan lainnya. Pastikan ponsel berjalan di minimal seri Android 4.4. 
 
Langkah 1: Unduh aplikasi IMEI Tracker di Google Play. 

Langkah 2: Setelah menyelesaikan instalasi, jalankan aplikasi. Berikan semua izin yang diminta oleh aplikasi pelacak IMEI, termasuk kontak, panggilan, penyimpanan, SMS, dan lokasi. Jika kamu akan melacak ponsel, semua izin ini diperlukan untuk mengaktifkan fungsionalitas penuh.
 
Langkah 3: Masukkan nomor IMEI ponsel Android yang hilang, periksa input, dan ketuk "Lacak". Sebuah jendela kecil dengan daftar tempat akan muncul, menunjukkan lokasi ponsel atau yang berdekatan.
 
Menggunakan nomor IMEI untuk melacak telepon yang hilang bukan satu-satunya fungsi pelacak IMEI. Ada juga beberapa fungsi anti-pencurian penting yang perlu kamu ketahui.

Di aplikasi terdapat pilihan jika kita ingin mengirimkan kode pada ponsel yang kemudian akan membuatnya berdering. 

Namun sebelum kehilangan ponsel ini (dan semoga saja tidak akan pernah), kenali atau simpan nomor IMEI, dan jangan pernah menunggu sampai sudah terlambat. Laporkan nomor IMEI ke polisi, minta penyedia layanan untuk memblokir semua layanan ponsel Anda yang hilang sesegera mungkin.

Tags
Loading...
Loading...