Sabtu, 06 Juli 2019 22:38 WITA

Pemerintah AS Tegaskan Tetap Masukka Huawei ke Daftar Hitam

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemerintah AS Tegaskan Tetap Masukka Huawei ke Daftar Hitam

RAKYATKU.COM - Seorang pejabat senior Amerika Serikat mengatakan kepada staf penegakan Departemen Perdagangan minggu ini bahwa Huawei masih harus diperlakukan sebagai daftar hitam. Pernyataan itu keluar beberapa hari setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjanji untuk mengurangi larangan penjualan kepada raksasa teknologi China tersebut.

Trump mengejutkan pasar Sabtu lalu dengan menjanjikan Presiden Cina Xi Jinping di sela-sela KTT Kelompok 20 di Jepang bahwa ia akan mengizinkan perusahaan-perusahaan AS untuk menjual produk ke Huawei, dikutip dari The Straits Times, Sabtu (6/7/2019).

Pada Mei lalu, Huawei ditambahkan ke dalam apa yang disebut Daftar Entitas AS, yang melarang perusahaan-perusahaan Amerika menjualnya tanpa izin khusus, sebagai hukuman atas tindakan terhadap kepentingan keamanan nasional AS.

Pengumuman Trump - cabang zaitun ke Beijing untuk menghidupkan kembali perundingan perdagangan yang macet - didukung oleh pembuat chip AS yang ingin mempertahankan penjualan ke Huawei, pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan pelanggan utama AS.

Namun, komentarnya menimbulkan kebingungan di kalangan pemain industri dan pejabat pemerintah yang berjuang untuk memahami apa kebijakan Huawei yang telah ia ungkapkan.

Loading...

Dalam surel kepada staf penegak hukum pada hari Senin, John Sonderman, wakil direktur Kantor Penegakan Ekspor di Biro Industri dan Keamanan Departemen Perdagangan, berusaha untuk mengklarifikasi bagaimana agen harus mendekati permintaan lisensi oleh perusahaan yang meminta persetujuan untuk menjual ke Huawei .

Semua aplikasi tersebut harus dipertimbangkan berdasarkan kemampuan dan ditandai dengan bahasa yang menyatakan bahwa "pihak ini ada dalam Daftar Entitas. Mengevaluasi kebijakan tinjauan lisensi terkait di bawah bagian 744", ia menulis, mengutip peraturan yang mencakup Daftar Entitas dan "praduga penolakan "Kebijakan lisensi yang diterapkan pada perusahaan yang masuk daftar hitam.

Dia mengatakan pedoman lebih lanjut dari Biro Perindustrian dan Keamanan juga harus diperhitungkan ketika mengevaluasi aplikasi lisensi terkait Huawei.

Huawei mengatakan kepada Reuters sebelumnya kemarin bahwa pendiri dan kepala eksekutifnya Ren Zhengfei mengatakan bahwa pernyataan Trump pada akhir pekan adalah "baik untuk perusahaan-perusahaan Amerika."

Tags
Loading...
Loading...