Minggu, 07 Juli 2019 02:00 WITA

Samsung Galaxy Disebut Tak Tahan Air, Australia Layangkan Gugatan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Samsung Galaxy Disebut Tak Tahan Air, Australia Layangkan Gugatan

RAKYATKU.COM - Pengawas konsumen Australia telah menggugat unit Samsung Australia karena diduga menyesatkan konsumen dengan mempromosikan smartphone Galaxy yang kedap air dan cocok untuk digunakan di kolam renang dan laut.

Pembuat smartphone terbesar di dunia itu tidak tahu atau tidak cukup menguji efek dari paparan kolam atau air asin pada ponselnya ketika iklan menunjukkan mereka sepenuhnya terendam, kata Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) dalam gugatannya, dikutip dari Mirror Online, Minggu (7/7/2019).

Kasus ini adalah yang pertama kali diajukan oleh regulator utama dan dapat menghasilkan denda jutaan dolar. Ini berpusat pada lebih dari 300 iklan di mana Samsung menunjukkan telepon Galaxynya digunakan di dasar kolam renang dan di lautan.

"ACCC menuduh iklan Samsung yang diwakili secara salah dan keliru mewakili telepon Galaxy akan cocok untuk digunakan di, atau untuk pemaparan, semua jenis air ... ketika ini tidak terjadi," kata Ketua ACCC Rod Sims dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Samsung mengatakan pihaknya mendukung iklannya, mematuhi hukum Australia dan akan membela kasus tersebut.

Raksasa elektronik Korea Selatan ini telah menghabiskan banyak uang untuk iklan untuk membangun kembali kepercayaan publik terhadap smartphone premium menyusul penarikan kembali perangkat Galaxy Note 7 yang rentan kebakaran pada tahun 2016.

Loading...

Hal ini dijadwalkan untuk mengumumkan pendapatan kuartalan awal pada hari Jumat, ketika secara luas diperkirakan akan menurunkan laba karena jatuhnya harga chip.

Klaim ketahanan air Samsung berada di bawah pengawasan ketat pada awal 2016 ketika majalah AS Consumer Reports yang berpengaruh mengatakan telepon Galaxy S7 - yang tampaknya dibenamkan dalam tangki ikan dalam iklan - telah gagal dalam tes imersi.

Perusahaan mengaitkannya dengan cacat produksi, yang memengaruhi sejumlah kecil ponsel, yang segera diperbaiki. Tetapi pelanggan online terus melaporkan masalah, komentar forum menunjukkan.

Beberapa konsumen merusak ponsel mereka ketika memaparkannya ke air dan Samsung menolak untuk menghormati klaim garansi, ACCC mengatakan dalam gugatan tersebut, meskipun Samsung mengatakan telah memenuhi semua kewajiban garansi berdasarkan hukum Australia.

Regulator juga mengatakan saran Samsung kepada beberapa pengguna model Galaxy bahwa telepon tidak cocok untuk penggunaan di pantai atau kolam menyarankan perusahaan menganggap air dapat menyebabkan kerusakan.

Tags
Loading...
Loading...