Selasa, 02 Juli 2019 01:00 WITA

Kurangi Sampah Plastik, Air Mineral Kini Dijual dalam Kaleng

Editor: Nur Hidayat Said
Kurangi Sampah Plastik, Air Mineral Kini Dijual dalam Kaleng
Foto: ABC.

RAKYATKU.COM - Perusahaan minuman Amerika Serikat (AS), PepsiCo, punya inisiatif ramah lingkungan. Mereka menjual air mineral dalam kemasan kaleng. 

PepsiCo melakukan uji coba penjualan air mineral Aquafina dalam kemasan kaleng aluminium. Itu dilakukan sebagai usaha mengurangi penggunaan plastik. 

PepsiCo bukanlah perusahaan pertama yang memproduksi air dalam kemasan kaleng. Sebelumnya, merek Ever & Ever juga meluncurkan inovasi serupa sebagai alternatif kemasan yang mudah di daur ulang. 

Bukan hanya menjual air mineral dalam kemasan alumunium, PepsiCo juga menyatakan produk LIFEWTR miliknya akan dikemas dengan botol dari plastik daur ulang. Gerakan ini akan memberikan dampak yang signifikan pada 2020. 

Menurut kalkulasi, hal ini akan mengurangi 8.000 metrik ton penggunaan plastik baru dan sekitar 11.000 metrik ton emisi gas rumah kaca. 

Loading...

"Mengurangi limbah plastik adalah salah satu prioritas terbesar saya dan saya menyikapi tantangan ini secara personal," ungkap CEO PepsiCo, Ramon Laguarta, dikutip CNBC.

"Kami mengambil bagian dalam menangani masalah ini dengan mengurangi, mendaur ulang dan menciptakan kembali kemasan untuk membuatnya lebih ramah lingkungan, dan kami tidak akan berhenti hingga kita hidup di dalam dunia dimana plastik diolah dan digunakan kembali," tambah Laguarta. 

PepsiCo berencana untuk membuat 100 persen kemasannya dapat didaur ulang, dijadikan kompos, atau dibiodegradasi. Serta menggunakan 25 persen plastik daur ulang untuk pengemasan di tahun 2025.

Loading...
Loading...