Selasa, 25 Juni 2019 15:52 WITA

Astronom Korsel Temukan Asteroid yang Berpotensi Menabrak Bumi

Editor: Suriawati
Astronom Korsel Temukan Asteroid yang Berpotensi Menabrak Bumi
Foto: Korea Times

RAKYATKU.COM - Para astronom Korea Selatan menemukan asteroid yang berpotensi bertabrakan dengan Bumi.

Astroid itu diberi label PP29, dan ditemukan melalui data orbital yang dikumpulkan dari Korea Microlensing Telescope Network (KMTNet).

Menurut laporan, PP29 diperkirakan memiliki ukuran 160 meter. Itu ditemukan setelah 10 hari pemantauan ketat.

Jarak minimum orbit (MOID) asteroid itu dengan orbit Bumi berada di bawah 4,3 juta kilometer, dan mengelilingi Matahari setiap 5,7 tahun.

Mengenai kemungkinan tabrakan PP29 dengan Bumi, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS memperkirakan hal itu bisa terjadi pada tahun 2063 dan 2069, dengan kemungkinan sangat rendah yaitu 2,8 miliar banding 1.

Loading...

Meskipun kemungkinannya untuk menabrak bumi sangat rendah, temuan ini menandai pertama kalinya ilmuwan Korea menemukan asteroid berbahaya.

"Penemuan ini penting karena sebagian besar deteksi PHA telah dilakukan oleh Amerika Serikat dan menunjukkan potensi Korea Selatan untuk memainkan deretan yang lebih besar dalam pemantauan ruang angkasa," kata Moon Hong-kyu, seorang ilmuwan Korea Selatan.

Semua benda luar angkasa yang lebarnya lebih dari 140 meter dan berada dalam jarak 7,5 juta kilometer MOID dipandang sebagai PHA, yang membutuhkan pemantauan dekat dan konstan. Sejauh ini total sudah ada 1981 objek yang telah ditemukan.

Loading...
Loading...