Minggu, 23 Juni 2019 08:00 WITA

YouTube Mau Sembunyikan Kolom Komentar

Editor: Andi Chaerul Fadli
YouTube Mau Sembunyikan Kolom Komentar

RAKYATKU.COM - Bagian komentar internet terkenal mengerikan, dan komentar di YouTube bisa sangat kejam. Awal tahun ini, platform tersebut mematikan komentar pada video anak-anak setelah sejumlah komentar pedofilik yang mengganggu ditemukan, dan ada banyak pidato kebencian yang beredar. 

Sekarang, YouTube sedang menguji perubahan yang dapat memindahkan komentar di aplikasi seluler. Itu akan mengharuskan pengguna untuk secara sukarela mencari mereka, dikutip dari Engadget, Minggu (23/6/2019).

Di aplikasi seluler iOS dan Android YouTube saat ini, pengguna harus menggulir melewati video, tombol keterlibatan, dan konten yang disarankan untuk mencapai bagian komentar. 
Seperti yang dilaporkan XDA Developers pertama kali, beberapa pengguna Android sekarang melihat tombol baru di bagian atas halaman. Untuk melihat komentar, pengguna harus mengklik tombol itu, yang membuka jendela baru.

Tidak jelas apakah motif YouTube adalah menyembunyikan komentar. Di satu sisi, dengan menempatkannya di halaman lain, platform bisa membuat orang tidak perlu melihatnya. 

Di sisi lain, karena sebagian besar pengguna harus menggulir sedikit sebelum mereka melihat komentar di aplikasi seluler mereka, tombol di bagian atas halaman sebenarnya dapat memberikan akses yang lebih mudah. 

Loading...

Google mengonfirmasi tes dalam pernyataan yang diberikan kepada Engadget (teks lengkapnya di bawah), tetapi perusahaan tidak mengatakan apakah ini merupakan upaya untuk menyembunyikan komentar atau tidak.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada Engadget, juru bicara YouTube mengatakan:

"Kami selalu bereksperimen dengan cara untuk membantu orang lebih mudah menemukan, menonton, berbagi, dan berinteraksi dengan video yang paling berarti bagi mereka."

"Kami sedang menguji beberapa opsi berbeda tentang cara menampilkan komentar di halaman tontonan. Ini adalah salah satu dari banyak eksperimen kecil yang kami jalankan sepanjang waktu di YouTube, dan kami akan mempertimbangkan untuk meluncurkan fitur secara lebih luas berdasarkan umpan balik pada eksperimen ini."

Tags
Loading...
Loading...