Senin, 17 Juni 2019 01:00 WITA

9 Tips Mengurangi Dampak Radiasi Smartphone

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
9 Tips Mengurangi Dampak Radiasi Smartphone
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Smartphone atau ponsel sering dikaitkan dengan radiasi yang dipancarkan saat menyalurkan atau mencari sinyal. Radiasi Radio Frequency (RF) yang terdapat dalam smartphone menjadi penyebab timbulnya bahaya.

Paparan radiasi RF dalam durasi dan jangka panjang diduga dapat menimbulkan beberapa penyakit. Penyakit yang sering muncul dari dampak radiasi seperti pusing, gangguan tidur, hingga kanker.

Selain radiasi RF, radiasi cahaya layar smartphone juga tidak kalah membahayakan, terutama bagi kesehatan mata. Dilansir laman Idntimes, menatap layar smartphone dalam durasi yang lama akan membuat mata lelah dan kering. 

1. Jangan taruh smarphone dekat telinga saat menelpon

Cara paling mudah untuk terhindar dari dampak radiasi adalah sebisa mungkin menjauhkan smartphone dari tubuh kita. Hindari menelpon dengan mendekatkan telinga, hal ini diduga mendekatkan sumber radiasi dengan otak. Jadi, disarankan untuk mengaktifkan loudspeaker atau menggunakan headset ketika sedang menelpon.

2. Hindari membeli smartphone dengan radiasi tinggi

Setiap smartphone pasti memiliki karakter dan keunggulan yang berbeda-beda. Semua itu tergantung tipe dan produsen yang membuatnya. Nah, sebelum membeli smartphone baru, pastikan ponsel itu memiliki tingkat radiasi yang rendah.

3. Hindari menyimpan smartphone pada kantong pakaian

Bentuknya yang praktis memudahkan kita untuk menyimpannya dalam saku celana atau saku baju kita. Namun, kebiasaan ini perlu dihindari karena radiasi smartphone akan sangat dekat dengan tubuh dan dalam durasi yang lama. Sebaiknya, kamu dapat menyimpan smartphone kamu didalam tas.

4.  Gunakan mode pesawat saat tidak digunakan

Fitur yang satu ini dapat kamu manfaatkan sebagai pembatas dampak radiasi smartphone. Jika kamu terpaksa menyimpan smartphone dalam saku pakaian, maka aktifkan mode pesawat. Dalam mode pesawat, sinyal akan mati, hal ini akan menonaktifkan radiasi yang terpancar dari smartphone.

5. Batasi durasi menelpon

Loading...

Sering terjadi saat menelpon saudara atau sahabat kamu sampai lupa waktu. Durasi yang lama paparan radiasi akan menambah dampak buruk untuk tubuh kamu. Apalagi radiasi terbesar terjadi saat kita sedang menelpon. Jadi, bicara seperlunya, jika banyak yang akan dibahas, lebih baik bertemu secara langsung.

6. Ukur batas jarak mata dengan layar smartphone

Selain gelombang radiasi RF, layar smartphone juga menimbulkan radiasi cahaya yang dapat merusak mata. Ukurlah jarak aman untuk mata kamu, sehingga mata kamu tetap sehat dan tidak bermasalah.

7.  Jangan main smartphone sebelum tidur

Seringkali kita menggunakan smartphone hingga saat akan tidur pun masih menggenggamnya. Paparan radiasi yang dipancarkan akan membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak. Jadi sebaiknya kurangi bermain smartphone saat akan tidur.

8. Menelpon di ruang terbuka

Saat mencari sinyal untuk menelpon, radiasi smartphone berada pada puncaknya, tinggi rendahnya puncak dapat disebabkan dari ada tidaknya penghalang koneksi. Jika ruang tetutup, maka smartphone akan memancarkan radiasi lebih tinggi guna menembus ruang tertutup yang menghalangi koneksi sinyal.

9. Atur kecerahan layar

Intensitas cahaya yang tinggi akan menyebabkan mata kering, tetapi jika terlalu rendah maka akan menyulitkan kita melihat atau membaca smartphone. Jadi atur kecerahan layar yang pas untuk mata kamu.

 

Loading...
Loading...