Kamis, 13 Juni 2019 16:04 WITA

India Akan Luncurkan Misi Bulan Ke-2 Pada Bulan Juli

Editor: Suriawati
India Akan Luncurkan Misi Bulan Ke-2 Pada Bulan Juli
ISRO mengerjakan berbagai modul misi bulan Chandrayaan-2 (Reuters)

RAKYATKU.COM - India telah mengumumkan akan menjalankan misi bulan kedua pada pertengahan Juli.

Jika berhasil, misi itu akan menjadikan India sebagai negara keempat di belakang Amerika Serikat, Rusia, dan China yang melakukan pendaratan "lunak" di bulan dan menempatkan penjelajah di atasnya.

Misi tak berawak, yang disebut Chandrayaan-2, yang berarti "kendaraan bulan" dalam bahasa Sansekerta, akan melibatkan pengorbit, pendarat dan penjelajah. Itu dibangun oleh Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO).

Misi dijadwalkan untuk diluncurkan pada 15 Juli, dengan Kendaraan Peluncuran Satelit Geosynchronous ISRO milik Mark III. Harganya sekitar 10 miliar rupee (sekitar Rp2 triliun), kata ISRO.

Loading...

Setelah melakukan perjalanan lebih dari 50 hari, pendarat ISRO akan mencoba melakukan pendaratan "lunak" yang dikendalikan di permukaan bulan.

Misi bulan pertama India dilakukan pada tahun 2008. Itu dinamai C handrayaan-1, dan menelan biaya $79 juta. Hasilnya membantu mengkonfirmasi keberadaan air di bulan.

Chandrayaan-2 pada awalnya direncanakan sebagai kolaborasi dengan badan antariksa Rusia, tetapi pada tahun 2013 India membatalkan ikatan karena perbedaan teknis dengan program Rusia.

Tags
Loading...
Loading...