Minggu, 02 Juni 2019 11:34 WITA

NASA Berencana Kirim Peralatan ke Bulan Mulai Tahun Depan

Editor: Suriawati
NASA Berencana Kirim Peralatan ke Bulan Mulai Tahun Depan
AFP

RAKYATKU.COM - Amerika Serikat berencana untuk mengirim instrumen dan peralatan ilmiah ke permukaan Bulan pada tahun 2020 dan 2021.

Misi ini bertujuan untuk mengantisipasi misi manusia ke bulan yang direncankan pada tahun 2024.

Menurut laporan, Badan antariksa AS telah memilih tiga perusahaan Amerika, yaitu Astrobotic, Intuitive Machines, dan Orbit Beyond untuk menjalankan proyek itu.

NASA memberi perusahaan itu masing-masing $ 77-97 juta untuk pengembangan pendarat mereka.

Semua pendarat akan mengirimkan hingga 23 muatan kecil yang disediakan oleh NASA.

Nantinya, peralatan itu akan mengumpulkan informasi di Bulan untuk membantu para astronot mendarat, menavigasi dan melindungi diri dari radiasi.

Loading...

Menurut rencana, Orbit Beyond akan mendarat di Mare Imbrium, dataran lava di kawah bulan, pada September 2020, setelah diluncurkan oleh salah satu roket Falcon 9 SpaceX.

Intuitive Machines akan mencoba mendarat pada Juli 2021 di Oceanous Procellarum, titik gelap di Bulan yang terlihat dari Bumi. SpaceX juga akan memfasilitasi peluncuran itu.

Astrobotic, yang berbasis di Pittsburgh, akan menargetkan Lacus Mortis, kawah besar di sisi dekat Bulan, pada Juli 2021. Perusahaan ini belum memilih roket pengiriman.

"Tahun depan, penelitian sains dan teknologi awal kami akan berada di permukaan bulan, yang akan membantu mendukung pengiriman wanita pertama dan pria berikutnya ke Bulan dalam lima tahun," kata administrator NASA Jim Bridenstine.

Amerika Serikat terakhir mengirim misi awak ke Bulan pada tahun 1972, yang merupakan misi terakhir Apollo.

Tags
Loading...
Loading...