Jumat, 31 Mei 2019 14:55 WITA

Pengacara Sebut Tidak Ada Privasi di Facebook

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pengacara Sebut Tidak Ada Privasi di Facebook

RAKYATKU.COM - Hanya satu hari sebelum CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan pada pertemuan pemegang saham bahwa ia ingin membangun "platform sosial yang berfokus pada privasi," pengacara perusahaan berpendapat bahwa privasi sebenarnya tidak ada di Facebook.

Pada persidangan dalam gugatan class action atas akses Cambridge Analytica atas data pengguna Facebook , pengacara perusahaan Orin Snyder berpendapat bahwa "tidak ada harapan privasi" di Facebook (atau media sosial pada umumnya), menurut Law360.

"Tidak ada pelanggaran privasi sama sekali, karena tidak ada privasi," kata Snyder ketika mencoba meyakinkan Hakim Pengadilan Distrik AS Vince Chhabria untuk membatalkan gugatan tersebut. 

Snyder berpendapat bahwa pengguna telah memberikan izin untuk berbagi data mereka dengan pihak ketiga, dikutip dari Digital Trends, Jumat (31/5/2019).

"Anda harus menjaga sesuatu dengan cermat agar memiliki harapan privasi yang masuk akal," katanya.

Argumen Snyder nampak terbang di hadapan pidato Zuckerberg pada pertemuan pemegang saham Facebook hari Kamis, di mana CEO menekankan komitmennya untuk melindungi data pribadi pengguna.

"Salah satu tema besar yang akan kita dorong selama 5 hingga 10 tahun ke depan adalah membangun visi platform sosial yang berfokus pada privasi ini," kata Zuckerberg kepada para pemegang saham.

Loading...

Dia menambahkan bahwa Facebook sebagian besar bersifat publik - seperti "alun-alun kota digital" - tetapi privasi akan menjadi dorongan utama dari strategi produk perusahaan untuk tahun-tahun mendatang. Berbicara di hadapan hakim pada hari Rabu, Snyder mengatakan bahwa berbagi sesuatu dengan banyak orang (seperti pengikut Facebook Anda) kehilangan hak Anda untuk privasi.

Facebook telah menangani beberapa skandal dalam penanganan data pengguna selama setahun terakhir, termasuk memberi perusahaan kemampuan untuk melihat pesan pribadi pemirsa . Pada saat yang sama, ukuran besar dan monopoli penting Facebook atas media sosial (perusahaan memiliki Instagram dan layanan pesan WhatsApp) telah menyebabkan politisi dan bahkan mantan eksekutif untuk menyerukan agar dibubarkan .

Zuckerberg menggandakan komitmennya terhadap privasi, bahkan jika pengacaranya mengatakan sebaliknya. Pada bulan April, CEO berdiri di atas panggung dan menyatakan "masa depan adalah pribadi"  di konferensi pengembang Facebook F8. Dia memperkenalkan enam pilar inti yang menurutnya akan membantu membawa perusahaan ke sana.

Perusahaan berada dalam posisi sulit karena privasi tidak menguntungkan. Semakin banyak data yang dimiliki jejaring sosial tentang Anda, minat Anda, perilaku Anda, dan keluarga Anda, semakin banyak data itu dapat digunakan untuk membantu pengiklan menargetkan Anda.

Anda dan data Anda pada dasarnya adalah produk di Facebook dan Instagram - itulah sebabnya Facebook melaporkan pendapatan iklan besar-besaran $ 16,6 miliar untuk kuartal terakhir tahun 2018 . Facebook (dan Zuckerberg) tahu itu, tapi itu bukan hubungan masyarakat yang baik bagi mereka untuk mengakuinya. Kecuali ketika mereka di pengadilan, melawan gugatan.

Loading...
Loading...