Selasa, 28 Mei 2019 13:45 WITA

Laptop Tua ini Terinfeksi 6 Virus Paling Berbahaya, Dijual Rp17 Miliar

Editor: Suriawati
Laptop Tua ini Terinfeksi 6 Virus Paling Berbahaya, Dijual Rp17 Miliar
INT

RAKYATKU.COM - Ternyata komputer yang terinfeksi virus bisa menjadi sangat berharga.

Buktinya, sebuah laptop Samsung 2008 yang dipenuhi dengan enam virus komputer paling terkenal, dijual seharga $1,2 Juta (Rp17,2 miliat).

Laptop ini menjalankan Windows XP SP3 dan terinfeksi dengan enam malware paling berbahaya yang pernah dibuat, yaitu ILOVEYOU, MyDoom, SoBig, WannaCry, DarkTequila, dan BlackEnergy.

Secara keseluruhan, enam ancaman online ini telah menyebabkan kerusakan lebih dari $ 95 miliar di seluruh dunia, selama dua dekade terakhir.

Itu dinamai The Persistence of Chaos, dan merupakan  proyek unik oleh seniman internet Tiongkok, Guo O Dong, bersama dengan perusahaan cybersecurity, Deep Instinct.

Loading...

Jadi apa yang dilakukan Deep Instinct dalam proyek ini? Rupanya, perusahaan keamanan dunia maya itu ditugaskan untuk melakukan air-gapped, yaitu memastikan bahwa laptop bervirus itu tidak dapat terhubung ke internet atau perangkat lain.

Air-gapped dalam hal ini berarti semua port di laptop dinonaktifkan secara fisik untuk tindakan yang aman.

Terlepas dari semua langkah-langkah keamanan yang diambil oleh Guo O Dong untuk menghentikan enam virus agar tidak menyebar secara online, pembeli “beruntung” masih perlu menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa mereka “tidak memiliki niat untuk menyebarkan malware apa pun”.

Tags
Loading...
Loading...