Senin, 27 Mei 2019 03:30 WITA

Tips Beli Handphone Murah Berkualitas dengan Uang THR

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Beli Handphone Murah Berkualitas dengan Uang THR
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Mendapatkan uang dalam jumlah yang cukup banyak, seperti Tunjangan Hari Raya (THR) memang menjadi godaan tersendiri untuk menghabiskannya.

Salah satu benda yang sering dibeli ketika orang mendapatkan THR adalah handphone baru. Sebenarnya hal ini wajar, mengingat begitu cepatnya perkembangan HP sekarang.

Sebelum membeli HP baru, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan agar kamu tidak sampai menyesal membeli handphone baru. Dilansir laman Jalantikus, Senin (27/5/2019), berikut ulasannya:

1. Butuh atau Ingin?

Tips beli HP murah yang pertama adalah ketahui apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu inginkan.

Bedakan kedua hal ini. Jika kamu merasa handphone lama sudah tidak layak karena banyak kerusakan di sana-sini, artinya kamu memang butuh ganti handphone.

Jika sebenarnya handphone masih berada dalam kondisi prima namun ingin ganti karena merasa gengsi dengan kawan-kawanmu, itu namanya ingin.

Ingat, masih banyak kebutuhan lain yang harus kamu penuhi, seperti membayar uang muka rumah, cicilan sepeda motor, sampai modal buat nikah.

2. Memahami Handphone yang Kamu Butuhkan

Kalau kamu benar-benar yakin bahwa kamu memang butuh ganti handphone, maka Jaka akan kasih tahu cara selanjutnya, yakni memahami kebutuhan handphone kamu.

Apakah kamu butuh untuk main game, untuk hobi foto atau video, untuk kerja sehari-hari, atau hanya butuh untuk sekadar chatting.

Kenapa hal ini jadi penting? Alasannya, setiap kebutuhan itu membutuhkan spesifikasi smartphone yang berbeda.

Misal kamu hanya butuh smartphone untuk chatting, jadi akan percuma kamu beli smartphone dengan prosesor dan RAM besar di HP flagship yang harganya mahal.

Sedangkan kalau kamu pecinta selfie, ya beli saja handphone dengan kamera depan yang memiliki kualitas terbaik. Jadi, kamu bisa membeli handphone yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Sesuaikan dengan Budget

Sebaiknya jangan paksakan untuk hutang atau kredit. Lebih baik beli handphone yang terjangkau dengan budget kamu. 

Loading...

Sekarang banyak handphone keluaran baru dengan spesifikasi mumpuni direntang harga Rp2 jutaan atau 3 jutaan.

Kalau dengan harga segitu kamu sudah bisa memenuhi kebutuhanmu, untuk apa beli yang lebih mahal?

4. Melakukan Riset di Internet

Setelah tahu kebutuhan dan budget kamu, tips beli HP murah ketiga yang harus kamu perhatikan adalah spesifikasi handphone.

Di internet sudah tersedia informasi lengkap mengenai seluruh handphone, sehingga kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli.

Selain mengecek detail spesifikasi dari handphone yang kamu incar, kamu juga bisa membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya.

Dengan melakukan riset seperti ini, peluang kamu bisa mendapatkan handphone yang sesuai dengan kebutuhanmu semakin besar. Selain itu, kamu akan menjadi susah untuk ditipu orang karena kamu punya data yang valid.

5. Jangan Percaya Iklan

Percayalah atau tidak, iklan diciptakan sebagai rayuan. Iklan berisi ucapan manis agar kamu tergiur untuk membelinya. Banyak hal spesifik dari handphone yang tidak iklan sampaikan.

Sepeti yang kamu tahu, iklan hanya memberikan kelebihannya, tidak dengan kekurangannya. Sebaiknya sebelum membeli perbanyak membaca atau menonton review dari smartphone yang ingin kamu beli.

Kamu bisa menilai produk dari hasil review tersebut. Review handphone biasanya berisi penilaian menyeluruh dari sebuah handphone, mulai dari kelebihan hingga kebobrokannya.

6. Jangan Terpaku pada Merek Tertentu

Merk bukan jadi parameter kualitas handphone. Handphone buatan Cina yang dulu disepelekan kini terbukti bisa bersaing di pasar internasional.

Ketika mencari HP baru lihat semua merk handphone???????  dan perhatikan reviewnya. Tidak perlu gengsi karena tidak pakai Apple atau Samsung yang sudah tersohor dimana-mana.

HP buatan Cina kini justru terbukti menawarkan spesifikasi yang bisa bersaing namun dengan harga yang lebih terjangkau tentunya. Buang deh tuh gengsi jauh-jauh.

Loading...
Loading...