Rabu, 22 Mei 2019 16:27 WITA

WhatsApp Cs Down, Ini Penjelasan Menkominfo

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
WhatsApp Cs Down, Ini Penjelasan Menkominfo
Ist.

RAKYATKU.COM - Menkominfo, Rudiantara mengaku pemerintah membatasi akses media sosial, terutama pada layanan messaging seperti WhatsApp. 

"Teman teman akan mengalami pelambatan kalau download dan upload video. Karena viralnya yang negatif mudharotnya ada di sana (layanan messaging-red). Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap," kata Rudiantara.

"Fitur-fitur media sosial tidak semuanya dan messaging system juga. Kita tahu modusnya adalah posting di medsos. FB (Facebook), Instagram dalam bentuk video, meme, foto. Kemudian screen capture hoax itu disebarkan melalui WhatsApp. Dan karena viralnya makanya kita batasi," sambungnya.

Sedangkan layanan semacam SMS dan voice tidak bermasalah. Menurut Rudiantara, WhatsApp adalah muara dari berbagai foto atau video yang sebelumnya beredar di media sosial sehingga perlu dibatasi untuk sementara.

"Di media sosial Facebook, Instagram, Twitter, kita kadang posting teks video, viralnya selalu di messaging system. Pintu yang kita prioritaskan tidak kita aktifkan adalah video dan foto-foto, gambar," bebernya dikutip Detikcom, Rabu (22/5/2019).

"Kenapa? karena video bisa membuat emosi. Jadi untuk sementara itu yang kita lakukan. Saya mohon maaf, ini untuk sementara dan bertahap. Semoga ini cepat selesai," tambah Rudiantara.'

Loading...

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, layanan media sosial (medsos) akan dinonaktifkan untuk sementara. Hal tersebut menyusul kerusuhan di Jakarta pada dini hari.

Menurutnya, tindakan tersebut diambil pemerintah untuk menghindari penyebaran berita bohong atau hoax.

"Untuk sementara, untuk menghindari berita bohong kepada masyarakat luas akan kita.. Akses di media sosial tidak diaktifkan untuk mencegah itu tadi, hal negatif yang bisa berdampak ke masyarakat," ungkap Wiranto.

Diketahui, sejumlah pengguna internet di Indonesia mengeluhkan sulit dalam mengakses media sosial WhatsApp, Facebook dan Instagram pada Rabu siang ini, 22 Mei 2019.

Laporan kesulitan akses kedua platform tersebut terpantau terus bertambah lewat hashtag #instagramdown #facebookdown #whatsappdown di Twitter.

Loading...
Loading...