Selasa, 21 Mei 2019 15:40 WITA

Meski Tak Lagi Didukung Android, Huawei Siapkan Pembaruan Sistem

Editor: Andi Chaerul Fadli
Meski Tak Lagi Didukung Android, Huawei Siapkan Pembaruan Sistem

RAKYATKU.COM - Huawei akan mendukung smartphone dan tabletnya dengan menyediakan pembaruan dan layanan keamanan, katanya, setelah Google melarang pembaruan dari sistem operasi Android.

Tetapi perusahaan teknologi China itu tidak mengatakan pada hari Senin apa yang akan terjadi dengan telepon yang dijualnya di masa depan, yang tidak mungkin memiliki akses ke layanan populer Google, termasuk Gmail, YouTube dan peta kecuali diperoleh lisensi khusus, dikutip dari Asia One, Selasa (21/5/2019).

Perangkat Huawei di pasar induknya menggunakan sistem operasi khusus berdasarkan Android open source tetapi tidak menyertakan akses ke layanan Google apa pun, yang dilarang di Cina. Tetapi pembatasan Google akan sangat merusak daya tarik global Huawei.

"Huawei akan terus menyediakan pembaruan keamanan dan layanan purnajual untuk semua produk smartphone dan tablet Huawei dan Honor yang ada, yang mencakup yang telah dijual dan yang masih tersedia secara global," kata juru bicara Huawei melalui email.

"Kami akan terus membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan," Huawei, yang bercita-cita untuk melompati katak Samsung menjadi pembuat smartphone terbesar di dunia, kata.

Loading...

"Sebagai salah satu mitra global utama Android, kami telah bekerja erat dengan platform open-source mereka untuk mengembangkan ekosistem yang bermanfaat bagi pengguna dan industri," tambahnya.

Hampir setengah dari 208 juta ponsel yang dikirim Huawei pada 2018 pergi ke luar Cina, dan Eropa adalah pasar luar negeri yang paling penting di mana perangkatnya memiliki 29 persen pangsa pasar pada kuartal pertama 2019, kata perusahaan riset teknologi IDC.

Kerugian Google kemungkinan akan membuat Huawei kehilangan semua penjualan ponsel pintar di luar China karena "pembelian perangkat sekarang hampir seluruhnya didorong oleh ekosistem," kata analis industri Richard Windsor.

"Huawei tidak akan kehilangan akses ke Android itu sendiri, yang merupakan open source, tetapi perangkat Android di luar China harus menawarkan akses ke layanan Google agar memiliki prospek untuk dijual," tambah Windsor.

Tags
Loading...
Loading...