Senin, 20 Mei 2019 10:40 WITA

Google Blokir Huawei Pakai OS Android

Editor: Andi Chaerul Fadli
Google Blokir Huawei Pakai OS Android

RAKYATKU.COM - Google telah memberikan pukulan besar bagi raksasa telekomunikasi China, Huawei dengan memblokir perusahaan dari menggunakan aplikasi dan layanan penting seperti Gmail dan YouTube pada jajaran smartphone-nya, menurut laporan.

Sama seperti pembuat smartphone besar lainnya termasuk Samsung dan LG, Huawei mengandalkan sistem operasi Android yang dikembangkan Google untuk memberi daya pada perangkat mobile-nya, dikutip dari Sky News, Senin (20/5/2019).

Tetapi, di tengah tindakan keras AS terhadap perusahaan teknologi Cina karena kekhawatiran keamanan yang berkelanjutan, Reuters dan The Verge melaporkan bahwa Google telah menangguhkan bisnis dengan Huawei dan dalam melakukan hal itu sangat merusak jajaran handsetnya, yang merupakan salah satu yang paling diakui secara kritis dan terbaik. menjual di pasar.

Produk yang ada tidak akan lagi menerima pembaruan Android, yang menghadirkan fitur baru dan peningkatan keamanan, dan rilis di masa mendatang akan kehilangan akses ke Google Play Store yang vital, di mana pengguna mengunduh aplikasi baru.

Sebagai gantinya, Huawei akan dibatasi untuk menggunakan versi umum dari sistem operasi yang disebut Android Open Source Project, yang tidak termasuk aplikasi Google standar seperti Gmail, Google Maps, Google Photos, dan YouTube.

Meskipun smartphone Huawei dilarang dari AS, angka penjualan yang sangat besar di Cina dan pertumbuhan yang mengesankan di beberapa bagian Eropa telah membuat perusahaan menyalip pembuat iPhone Apple dalam hal pangsa pasar.

Loading...

The Verge melaporkan awal bulan ini bahwa Huawei sekarang hanya berada di belakang Samsung dalam hal penjualan ponsel pintar global, dengan 59,1 juta pengiriman pada kuartal pertama 2019.

Tetapi intervensi dari Google dapat melumpuhkan harapan ekspansi lebih lanjut.

Sementara sistem operasi buatan Huawei akan menyebabkan sedikit masalah di pasar induknya, di mana sebagian besar aplikasi Google dilarang, kemungkinan besar akan ditolak oleh pelanggan Barat.

Aplikasi dan layanan Google adalah bagian penting dari perangkat Android, dan pemilik Huawei di Eropa dan Inggris sekarang mungkin terpaksa mencari alternatif dari apa yang ditawarkan oleh perusahaan China.

Huawei belum mengomentari laporan tersebut, tetapi terus bersikeras bahwa produknya tidak menimbulkan ancaman keamanan.

Tags
Loading...
Loading...