Minggu, 19 Mei 2019 13:14 WITA

Google Melacak Pembelian Online Anda Menggunakan Akun Gmail

Editor: Suriawati
Google Melacak Pembelian Online Anda Menggunakan Akun Gmail
Foto: BleepingComputer

RAKYATKU.COM - Google rupanya memindai aktifitas belanja online peggunanya melalui pesan Gmail.

Minggu ini, seorang pengguna memposting di Reddit bahwa dia telah menemukan halaman Pembelian Akun Google-nya berisi semua pembelian yang telah dilakukan dari Amazon dan toko online lainnya, meskipun dia tidak menggunakan Google Pay.

Dan memang benar, jika Anda memeriksa halaman Pembelian Akun Google melalui link https://myaccount.google.com/purchases, Anda akan melihat semua informasi pembelian Anda.

Konsensus umum adalah bahwa Gmail menganalisis email tanda terima pembelian yang masuk, kemudian mengekstraksi informasi itu.

Loading...

BleepingComputer melaporkan bahwa ketika mereka menghubungi Google tentang masalah ini, mereka mengonfirmasi bahwa informasi itu datang dari pesan Gmail.

Mereka juga menyatakan bahwa itu dilakukan untuk membantu pengguna menemukan data pembelian mereka dan bahwa Google tidak menyalah gunakan informasi apa pun yang tersimpan di email Anda.

“Untuk membantu Anda dengan mudah melihat dan melacak pembelian, pemesanan, dan langganan Anda di satu tempat, kami telah membuat tujuan pribadi yang hanya dapat dilihat oleh Anda. Anda dapat menghapus informasi ini kapan saja. Kami tidak menggunakan informasi apa pun dari pesan Gmail Anda untuk menayangkan iklan kepada Anda," demikian pernyataan dari Google.

Tags
Loading...
Loading...