Minggu, 19 Mei 2019 07:00 WITA

Tak Perlu Lagi Jaket, Alat Ini Bisa Jaga Suhu Tubuh Pemakainya

Editor: Andi Chaerul Fadli
Tak Perlu Lagi Jaket, Alat Ini Bisa Jaga Suhu Tubuh Pemakainya

RAKYATKU.COM - Smart skin patch yang mendinginkan atau menghangatkan pemakainya telah dikembangkan oleh para ilmuwan. Perangkat dua inci persegi berfungsi seperti termostat yang dipersonalisasi dan dapat digunakan di rumah, di kantor atau di perjalanan.

Itu cukup lembut untuk tertanam dalam pakaian -membuat orang nyaman apa pun cuacanya.

Didukung oleh paket baterai yang fleksibel dan dapat diregangkan, tim AS percaya ini akan membantu menghemat energi pada AC dan pemanas, dikutip dari Mirror, Minggu (19/5/2019).

Ini mengirimkan pulsa listrik panas atau dingin ke bagian tubuh mana pun - meniru bantuan tangan yang hangat oleh api di musim dingin atau mencipratkan air ke wajah di musim panas.

Pemimpin studi Profesor Renkun Chen, seorang insinyur mekanik di University of California , San Diego, mengatakan: "Jenis perangkat ini dapat meningkatkan kenyamanan termal pribadi Anda apakah Anda bepergian di hari yang panas atau merasa terlalu dingin di kantor Anda."

Patch yang dijelaskan dalam Science Advance terbuat dari paduan termoelektrik - bahan yang menggunakan listrik untuk menciptakan suhu.

Loading...

Ini disolder ke strip elektroda tembaga tipis, terjepit di antara lembar elastomer melar. Secara fisik mendinginkan atau memanaskan kulit sesuai pilihan individu.

Penulis pertama Sahngki Hong, yang bekerja pada proyek tersebut sebagai mahasiswa PhD di lab prof Chen, mengatakan: "Anda dapat menempatkan ini di tempat yang cenderung menghangat atau mendingin lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya, seperti punggung, leher , kaki atau lengan, agar tetap nyaman saat terlalu panas atau dingin. "

Ini bisa membantu menjaga suhu yang ditetapkan sebuah bangunan 12 derajat lebih tinggi selama musim panas, misalnya - memangkas biaya pendinginan sekitar 70 persen, kata Prof Chen.

Dia menjelaskan: "Jika memakai perangkat ini dapat membuat Anda merasa nyaman dalam kisaran suhu yang lebih luas, Anda tidak perlu terlalu sering menurunkan termostat di musim panas atau mendongkrak panas di musim dingin."

Tags
Loading...
Loading...