Selasa, 30 April 2019 14:32 WITA

Facebook Akan Dipenuhi oleh Orang Mati Dalam 50 Tahun ke Depan

Editor: Suriawati
Facebook Akan Dipenuhi oleh Orang Mati Dalam 50 Tahun ke Depan
Getty Images

RAKYATKU.COM - Kematian adalah yang tidak bisa ditentukan, tapi lima puluh tahun ke depan, Facebook diperkirakan akan dipenuhi banyak orang mati.

Menurut analisis dari Oxford Internet Institute (OII), jumlah orang mati di Facebook bisa melebihi jumlah yang hidup pada tahun 2070.

Berdasarkan tingkat pengguna 2018, setidaknya 1,4 miliar anggota akan meninggal sebelum 2100, kata para peneliti.

Dengan menggunakan perkiraan itu, orang mati bisa melebihi jumlah yang hidup di platform media sosial itu setengah abad mendatang.

Namun, jika Facebook terus tumbuh pada tingkat saat ini, para peneliti mengatakan pengguna yang meninggal dapat mencapai 4,9 miliar sebelum akhir abad ini.

"Statistik ini memunculkan pertanyaan baru dan sulit seputar siapa yang berhak atas semua data ini, bagaimana seharusnya dikelola untuk kepentingan keluarga dan teman almarhum dan penggunaannya oleh para sejarawan masa depan untuk memahami masa lalu," kata Carl Ohman, kandidat doktoral di OII.

Loading...

"Belum pernah sebelumnya dalam sejarah ada banyak arsip perilaku dan budaya manusia berkumpul di satu tempat," kata rekan penulis David Watson, juga seorang mahasiswa di OII.

"Mengontrol arsip ini, dalam arti tertentu, akan mengendalikan sejarah kita."

Prediksi ini didasarkan pada data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang memberikan perkiraan jumlah kematian dan total populasi setiap negara di dunia yang didistribusikan berdasarkan usia, bersama dengan data Facebook.

Temuan penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Big Data & Society.

Facebook baru-baru ini mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan ketika pengguna meninggal dunia, seperti menyarankan ucapan selamat ulang tahun.

Loading...
Loading...