Selasa, 23 April 2019 17:47 WITA

Remaja AS Gugat Apple $1 Miliar Atas Sistem Pengenalan Wajahnya

Editor: Suriawati
Remaja AS Gugat Apple $1 Miliar Atas Sistem Pengenalan Wajahnya
PA Images

RAKYATKU.COM - Seorang remaja berusia 18 tahun dari New York telah mengajukan gugatan $1 miliar (Rp14 triliun) terhadap Apple atas penangkapan palsu yang menurutnya terjadi karena sistem pengenalan wajah Apple.

Petugas NYPD menangkap Ousmane Bah pada tanggal 29 November setelah dia dikaitkan dengan serangkaian pencurian Apple Store di Boston, New Jersey, Delaware, dan Manhattan.

Rupanya, pelaku yang sebenarnya menggunakan ID curian yang memiliki nama, alamat, dan informasi pribadi lainnya, namun, tidak dilengkapi foto.

Gugatan tersebut menyatakan Apple memprogram sistem pengenalan wajah toko-toko untuk mengaitkan wajah pencuri asli dengan rincian Bah.

Seorang detektif akhirnya memeriksa rekaman pengawasan Apple setelah penangkapan, dan menemukan bahwa wajah Bah tidak terlihat seperti pencuri itu.

Loading...

Terlebih lagi, jika melihat peristiwa pencurian, Bah sedang menghadiri prom seniornya di Manhattan ketika itu terjadi.

Ini kasus yang aneh, dan tidak diketahui jelas apakah itu akan disidangkan di pengadilan.

Namun seperti yang dilaporkan oleh New York Post, gugatan tersebut menyatakan bahwa "penggunaan perangkat lunak pengenalan wajah Apple di toko-tokonya untuk melacak orang-orang yang dicurigai melakukan pencurian adalah jenis pengawasan yang ditakuti konsumen, terutama karena mayoritas konsumen tidak menyadari jika wajah mereka diam-diam sedang dianalisis."

Tags
Loading...
Loading...