Rabu, 17 April 2019 16:08 WITA

Kecepatan Internet di Indonesia Masih Rendah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kecepatan Internet di Indonesia Masih Rendah

RAKYATKU.COM - Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia turut mengerek kebutuhan internet rumahan. Meski demikian, kualitas kecepatan internet di Nusantara masih terbilang rendah dibandingkan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Berdasarkan riset CupoNation, Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia tenggara yang mampu menawarkan koneksi internet berbasis fiber dengan kecepatan maksimal hingga 2 Gbps. 

Berikut negara dengan koneksi internet berbasis home fiber yang diurut berdasarkan kecepatan tertinggi;

1. Singapura: 2 Gbps
2. Malaysia: 1 Gbps 
3. Filipina: 1 Gbps
4. Thailand: 500 Mbps
5. Indonesia: 200 Mbps
6. Kamboja: 30 Mbps

Dalam keterangan resminya, Rabu (17/4/209), CupoNation menjelaskan, kecepatan internet di tiap negara memang berbeda. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infrastruktur, kondisi geografis dan sebagainya. 

"Biasanya penyedia layanan internet menawarkan paket internet dengan kecepatan koneksi mulai dari 3 Mbps hingga 2 Gbps. Namun negara yang mampu memberikan kecepatan koneksi hingga 2 Gbps masih sangat terbatas terutama di Asia tenggara," tulis CupoNation. 

Sementara itu, tarif layanan dan paket internet yang ditawarkan sejumlah internet provider bervariasi dan sesuai dengan tingkat kecepatan koneksi yang diberikan. 

Loading...

CupoNation melakukan studi untuk mengetahui kisaran harga per Mbps untuk setiap negara yang masuk dalam daftar survei. Tarif internet per Mbps di survei berdasarkan 13 internet provider terbesar di 6 negara Asia Tenggara, seperti Singtel di Singapura, UniFi di Malaysia, dan IndiHome di Indonesia. 

Berdasarkan hasil studi, semakin tinggi kecepatan koneksi yang ditawarkan maka biaya bandwidth per Mbps yang dikenakan akan semakin rendah. Berikut rincian kisaran tarif koneksi internet per Mbps di 6 negara Asia Tenggara:

1. Singapura: Rp325-Rp628 per Mbps
2. Malaysia: Rp677-Rp8959 per Mbps
3. Thailand: Rp1080-Rp7,487 per Mbps
4. Filipina: Rp2,602-Rp35,586 per Mbps
5. Indonesia: Rp14,895-Rp43,500 per Mbps
6. Kamboja: Rp18,769-Rp70,385 per Mbps

Kisaran biaya kecepatan koneksi internet per Mbps dihitung berdasarkan tarif bulanan dan kecepatan koneksi yang ditawarkan oleh masing-masing internet provider. Ke-13 Internet provider dalam studi ini dipilih berdasarkan penyedia layanan internet terbesar di masing-masing negara.

Sumber data dan tarif internet dari 13 internet provider dalam studi ini dapat diakses melalui google sheet. Semua paket internet berbasis bulanan sudah termasuk internet cable dan wifi berdasarkan tarif dari laman resmi masing-masing provider yang diakses pada 10 April 2019. 

Kecepatan Internet di Indonesia Masih Rendah

Loading...
Loading...