Jumat, 05 April 2019 07:00 WITA

Apple Belum Siap Rilis iPhone 5G

Editor: Adil Patawai Anar
Apple Belum Siap Rilis iPhone 5G

RAKYATKU.COM - Disaat pabrikan smartphone ramai memamerkan perangkat bertenaga 5G ada ajang Mobile World Congress (MWC) beberapa waktu lalu dan siap meluncur tahun ini Apple malah dikabarkan bakal telat memasarkan perangkat iPhone 5G.

Bukan karena kesengajaan Apple bakal telat meluncurkan perangkat 5G, ini karena pabrikan AS itu punya masalah hokum denan Qualcomm. Apple sekarang ini mengenalkan modem buatan Intel, padahal sebelumnya mereka menggunakan perangkat modem besutan Qualcomm.

Nah, kini masalahnya adalah  Intel mengalami kesulitan memenuhi tenggat waktu untuk memasok komponen modem XMM 8160 5G yang sangat dibutuhkan di iPhone 5G generasi mendatan. Dan hal ini diprediksi akan memberikan masalah besar  bagi Apple. Hal  yang paling menakutkan adalah  keterlambatan peluncuran iPhone 5G di tahun 2020.

Mengutip tabloidpulsa, disebutkan bahwa Intel telah kehilangan tenggat waktu pengembangan pada chip 5G. Hal ini  membuat Apple kehilangan kepercayaan pada Intel. Untuk peluncuran iPhone yang dijadwalkan akan meluncur di  September 2020, chip sampel  5G Intel harus rampung dan harus disediakan untuk Apple musim panas ini, dan desain modem 5G yang sudah jadi harus tersedia paling lambat  pada awal 2020.

Intel mengatakan chipnya akan ada di perangkat seluler pada tahun  2020, dan memiliki rencana untuk mengirimkan komponen chipset  8160 5G pada paruh kedua tahun 2019. Akan  tetapi tidak jelas apakah  mereka akan tepat waktu  untuk memenuhi  tanggal target tersebut.

Loading...

Setelah merebak  masalah ini,  hubungan Intel dan Apple sempat dikatakan tegang.Dan di sisi Intel, sudah ada tiga manajer proyek yang mengawasi pengembangan modem 5G tersebut. Apple telah mengadakan pembicaraan dengan Samsung dan Mediatek tentang penyediaan chip modem 5G dalam waktu dekat, tetapi keduanya  mengatakan bahwa mereka belum  memiliki chip yang siap untuk tahun 2020.

Sebenarnya, secara bisnis Apple tidak perlu “gengsi” untuk kembali mempercayakan pasokan ke Qualcomm, tetapi mengingat ketegangan hukum yang semakin meningkat antara kedua perusahaan, sepertinya tidak mungkin.


Terjepit oleh kondisi ini, Apple kini sedang mempersiapkan untuk mengembangkan chip modem 5G  besutan  mereka sendiri sehingga tidak perlu bergantung pada Intel atau Qualcomm. Namun sayangnya, chip modem Apple  tersebut  belum akan siap pada waktunya untuk peluncuran iPhone 5G 2020. 

Tags
Loading...
Loading...