Sabtu, 30 Maret 2019 01:30 WITA

Cara Sederhana Mengecek Follower Instagram Asli atau Palsu

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Sederhana Mengecek Follower Instagram Asli atau Palsu
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sekarang banyak akun Instagram yang memiliki follower yang sangat banyak. 

Biasanya kamu hanya melihat followers dari penyanyi, pemain film, para pembesar negara, atau orang orang terkenal lainnya sajalah yang memiliki bayak followers. Sekarang, tidak cuma orang orang terkenal saja yang memiliki followers yang begitu banyak.

Bahkan, sekarang sebagian orang memiliki begitu banyak followers padahal dia bukanlah orang terkenal. Tentu saja kadang kamu berpikir apakah benar followers orang-orang ini bisa segitu banyaknya.

Tak jarang, banyak orang yang sekarang membeli followers untuk menambah followersnya. Oleh karena itu, bila kamu penasaran apakah followers Instagram temanmu yang begitu banyak asli ataukah palsu, inilah cara-cara mengeceknya seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (29/3/2019).

1. Bandingkan Jumlah Like dengan Jumlah Followers

Cara pertama untuk mengecek apakah suatu akun Instagram followersnya asli atau palsu yaitu, dengan membandingkan jumlah like dan jumlah follower-nya.

Biasanya jumlah like sebuah foto yang udah diunggah lebih dari satu hari itu ada sekitar 5% - 25% followers akun tersebut. Hitung-hitungannya bisa seperti ini, jika followers 1000, seharusnya foto yang baru diunggah sehari sebelumnya memiliki 150 like. Bila hal ini yang terlihat, berarti orang tersebut tidak beli followers.

Selanjutnya, jika followers 1000, tetapi jumlah like di foto yang baru diunggah sehari sebelumnya hanya 50 like, berarti orang tersebut beli followers, tapi tidak begitu banyak.

Sedangkan jika followers 1000, tetapi jumlah like di foto yang baru diunggah sehari sebelumnya hanya 10 like, berarti orang tersebut beli followers, udah deh enggak perlu penjelasan lagi kalau yang ini.

Tapi hal ini juga patut dianalisis lebih lanjut, karena tidak hanya follower, like juga bisa dibeli. Coba kamu lihat juga foto-foto yang lain yang mungkin belum ternoda like palsu.

2. Bandingkan Komentar dengan Jumlah Followers

Cara kedua untuk mengecek apakah suatu akun Instagram followersnya asli atau palsu yaitu, dengan membandingkan komentar dan jumlah follower nya.

Loading...

Sering juga kamu lihat, akun Instagram yang memiliki begitu banyak follower, tapi di setiap postingannya hanya sedikit yang berkomentar. Hal ini juga dapat menjadi tolak ukur apakah follower orang tersebut adalah asli atau palsu.

Di sini hitung-hitungannya adalah, dalam 5000 followers, biasanya akan ada setidaknya 13 komentar per postingan, dan begitu seterusnya.

Bila followers Instagram yang kamu lihat lebih dari 5000, tetapi komennya bahkan tidak mencapai 10, atau bahkan tidak ada, berarti terang saja akun itu memiliki followers palsu.

Di sini juga ada catatannya. Karena ada situs-situs yang menawarkan like dan komentar otomatis, bisa saja akun Instagram yang kamu lihat tersebut telah memakai cara ini. Kamu bisa lihat bila apakah followers ini asli atau palsu berdasarkan komentarnya. Bila komentarnya cenderung mirip, kemungkinan itu adalah followers palsu.

3. Cek Akun Followers Mereka

Cara terakhir untuk mengetahui apakah follower Instagram asli atau palsu adalah dengan mengcek semua akun-akun yang menjadi followers akun yang kamu teliti.

Cara ini adalah cara yang paling merepotkan, karena mengharuskan kamu untuk mengecek satu per satu followers yang banyak.

Cara melihatnya sebenarnya tidak susah. Akun palsu biasanya menggunakan profile picture dari Google dan biasanya belum pernah memposting apapun. Selain itu, biasanya akun palsu tersebut tidak memiliki follower, tapi memiliki sangat banyak following.

Bila akun yang kamu lihat memiliki followers dengan ciri-ciri tersebut di atas, berarti kemungkinan besar akun tersebut memiliki followers palsu.

Jadi begitulah cara-cara mengecek followers intagram asli atau palsu dari akun seseorang. Lakukanlah bila kamu memang tidak ada kerjaan dan sedang benar-benar menganggur, karena hal ini akan menghabiskan waktumu yang berharga.

Lain lagi bila kamu memang membutuhkannya untuk hal-hal yang serius seperti penelitian, mungkin tips di atas akan banyak berguna bagimu.

Loading...
Loading...