Sabtu, 30 Maret 2019 04:30 WITA

Cara Menjelajah Internet Secara Aman di Android

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Menjelajah Internet Secara Aman di Android

RAKYATKU.COM - Keamanan di era internet saat ini tak dimungkiri harus menjadi perhatian para pengguna Android. Alasannya, banyak hacker yang tak henti mencari korban.

Untuk itu, diperlukan langkah-langkah penting untuk memastikan kegiatanmu saat menjelajah internet tetap aman. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai memakai aplikasi pihak ketiga atau mengubah kebiasaan.

Untuk mengetahui seperti apa cara agar tetap dapat berselancar dengan aman di perangkat Android, berikut ini ada lima cara yang dapat kamu lakukan seperti dikutip Liputan6, Sabtu (28/3/2019).

1. Gunakan Browser yang Fokus pada Privasi

Salah satu cara paling mudah untuk dapat berselancar internet dengan aman adalah memanfaatkan browser yang menjamin keamanan penggunanya.

Salah satu browser yang dapat digunakan adalah Firefox Focus. Browser ini memang sudah didesain untuk mengamankan keberadaan digitalmu saat mengakses internet.

Oleh sebab itu, browser ini tidak memiliki riwayat penjelajahan, tabs, bookmars, atau fitur lain yang dapat biasanya terdapat aplikasi serupa.

2. Ubah Pengaturan Browser

Jika fitur seperti riwayat penjelajahan atau tabs masih dibutuhkan, kamu dapat mengubah pengaturan di browser untuk memastikan kegiatanmu saat mengakses internet tetap aman.

Sejumlah browser modern diketahui sudah mengusung sistem keamanan yang mampu melindungi pengguanya. Salah satunya adalah Google Chrome yang hadir dengan fitur 'Safe Browsing'.

Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka 'Setting', pilih 'Advanced', lalu 'Privacy'. Setelah itu, centang 'Do Not Track' agar peramban tidak melacak kegiatanmu saat menjelajah.

3. Jangan Gunakan Password Manager di Browser

Loading...

Sejumlah browser seperti Google Chrome kerap menawarkan opsi untuk layanan password manager. Jadi, kamu tidak perlu susah-susah untuk memasukkan password saat ingin masuk ke sebuah akun tertentu.

Namun, ada baiknya kamu tidak memanfaatkan layanan yang ditawarkan browser tersebut. Alasannya, ada kemungkinan situs berbahaya dapat mengancam keamanan password yang kamu simpan.

Untuk itu, kamu lebih baik memanfaatkan aplikasi password manager khusus. Sebab, aplikasi semacam ini memiliki enkripsi yang lebih baik dan mampu bekerja di banyak platform maupun browser.

4. Cek Wi-Fi Publik Sebelum Terhubung

Keberadaan wi-fi publik di satu sisi memang membantu, tapi juga menyimpan bahaya. Hal ini karena dapat saja ada pihak ketiga yang memantau pergerakanmu saat mengakses internet memakai jaringan tersebut.

Sebagai solusinya, kamu perlu memasang aplikasi pemindai wi-fi publik seperti ARP Guard. Dengan aplikasi ini, kamu akan diperingatkan jika ada aktivitas mencurigakan di jaringan wi-fi yang tengah terhubung.

5. Pasang Pemindai Malware

Jika kamu adalah seseorang yang kerap mengunduh file melalui internet, kamu jelas memerlukan aplikasi pemindai malware di perangkat.

Kehadiran aplikasi ini dapat membantumu memastikan bahwa tidak file tersebut tidak menyimpan malware.

Perlu diketahui, aplikasi semacam ini juga memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu, mulai dari anti-theft hingga manajemen performa.
 

Loading...
Loading...