Kamis, 21 Maret 2019 12:05 WITA

Alat Ini Memungkinkan Ayah Menyusui Bayi Mereka

Editor: Suriawati
Alat Ini Memungkinkan Ayah Menyusui Bayi Mereka
Father’s Nursing Assistant

RAKYATKU.COM - Ada beberapa hal yang bisa dilakukan wanita tapi tidak bisa dilakukan pria, seperti melahirkan dan menyusui.

Namun, berkat sebuah perangkat baru yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Dentsu, bayi sudah bisa menyusu dari ayahnya.

Alat itu dinamai Father’s Nursing Assistant, dan diresmikan baru-baru ini di festival SXSW di Austin, Texas.

Alat itu berupa tangki susu formula yang berbentuk sepasang payudara wanita, dan dipasang di dada pria.

Dentsu mengatakan bahwa alat itu bertujuan untuk membuat ayah lebih terlibat dalam mengasuh anak, dan meringankan sebagian beban ibu.

"Berfokus pada menyusui, kami bertujuan untuk mengurangi jumlah beban pada ibu dan meningkatkan jumlah waktu tidur bayi dengan memungkinkan ayah untuk menyusui," demikian kata perusahaan.

loading...

Father’s Nursing Assistant dibuat menyerupai payudara wanita. Salah satunya akan menampung ASI perah atau susu formula, dan yang satunya menjadi tempat anak menyusu karena dilengkapi dengan puting silikon.

Perangkat ini akan dipanaskan untuk mensimulasikan kehangatan tubuh ibu dan memungkinkan bayi untuk tidur nyenyak di pelukan ayahnya.

Dentsu mengatakan bahwa alatnya dilengkapi sensor yang melacak perilaku menyusui dan tidur bayi. Data itu kemudian akan diekspor ke smartphone untuk dilihat melalui aplikasi khusus.

Untuk saat ini Father’s Nursing Assistant masih dalam tahap konsep. Tapi siapa tahu, suatu hari nanti ibu dan ayah bisa bergiliran menyusui bayi mereka.

Loading...
Loading...