Rabu, 20 Maret 2019 08:46 WITA

Lupakan Konsol! Google Akan Luncurkan Platform Streaming Video Game

Editor: Suriawati
Lupakan Konsol! Google Akan Luncurkan Platform Streaming Video Game
Google

RAKYATKU.COM - Google mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan platform streaming video game yang disebut Stadia.

Stadia adalah layanan streaming game yang menjalankan server global Google. Ini diklaim akan merevolusi video game, karena pengguna tidak akan diwajibkan untuk membeli konsol, melainkan menjalankan sistem dari perangkat yang ada.

Stadia akan menjadi layanan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game di seluruh perangkat yang menjalankan Chrome Google dan Chrome OS, seperti ponsel Pixel dan Chromebook.

Ini berarti siapa pun yang memiliki ponsel atau TV pintar akan dapat memainkan game ini kapan saja, di mana saja.

Alphabet, perusahaan induk Google, mengatakan bermain video game akan semudah menekan tombol 'Play Now', tanpa harus mengunduh game.

Secara tradisional, sebagian besar video game harus dimainkan pada kotak konsol, seperti perangkat Nintendo, PlayStation, atau Xbox.

Wakil presiden dan manajer umum Google Phil Harrison (yang sebelumnya memegang posisi terkemuka di Microsoft Xbox dan divisi game Sony) mengatakan kepada para delegasi di Konferensi Pengembang Game 2019 bahwa "masa depan game bukanlah sebuah kotak".

Loading...

"Visi kami untuk Stadia sederhana: Satu tempat untuk semua cara kami bermain."

"Dengan Stadia pusat data adalah platformmu. Tidak ada konsol yang membatasi di mana gamer bisa bermain," katanya.

Pada peluncurannya, Google mengatakan pengguna akan dapat melakukan streaming game pada resolusi hingga 4K pada 60 frame per detik, dan di masa depan, akan dapat memberikan resolusi 8K.

Namun, untuk sekarang Google belum memberikan rincian mengenai kecepatan akses internet yang diperlukan untuk mengakses Stedia.

Belum ada tanggal peluncuran yang diumumkan tapi perusahaan mengatakan Stadia akan tersedia tahun ini di AS, Kanada, Inggris dan beberapa bagian Eropa.

Loading...
Loading...