Minggu, 17 Maret 2019 06:00 WITA

Cara Ampuh Atasi Mabuk Minuman Fermentasi

Editor: Eka Nugraha
Cara Ampuh Atasi Mabuk Minuman Fermentasi

RAKYATKU.COM --- Bagi beberapa orang, pesta kerap kali tak lengkap tanpa adanya segelas minuman fermentasi yang beralkohol. Sebut saja misal bir, wine, wiski, dan tequila.

Seperti yang dilansir CNN Indonesia, di beberapa daerah, minuman fermentasi lokal seperti ciu atau pondoh juga kerap menemani. Memang tak cuma untuk pesta, tapi juga beberapa 'tenggakan' untuk menemani aktivitas harian.

Namun hati-hati, kandungan alkohol dalam minuman fermentasi bisa berpotensi mengurangi kesadaran dan membuat mabuk. Minuman fermentasi juga harus diminum dengan bertanggung jawab.

Cara instan untuk mengatasi mabuk ialah dengan minum aspirin. Harapannya, pusing bakal berkurang. Namun - mengutip berbagai sumber - sebelum mengambil aspirin, ada cara mudah lain yang bisa dilakukan. 

1. Fruktosa
Fruktosa dapat membantu mempercepat metabolisme alkohol dalam tubuh. Fruktosa merupakan satu dari deret jenis gula selain glukosa dan sukrosa. 

Fruktosa dapat diperoleh dari buah-buahan atau makanan ringan yang mengandung buah alami. Jus buah juga bisa jadi pilihan. Selain mempercepat metabolisme, jus buah juga membantu menghilangkan dehidrasi akibat alkohol. 

2. Makanan berminyak
Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa sebelum beranjak ke pesta sebaiknya orang menelan satu sendok makan minyak zaitun. Rupanya ini bukan mitos semata. Dikutip dari Everyday Health, ini digunakan untuk 'meminyaki' usus sehingga penyerapan alkohol oleh tubuh akan berlangsung lebih lama, sehingga Anda tak mudah mabuk.

Tak harus menelan minyak, orang dapat memperoleh manfaat yang sama dengan makan pizza atau makanan berlemak lain. 

3. Jahe
Dikutip dari Healthline, sebuah studi menemukan bahwa kombinasi jahe dengan gula merah dan tangerine bisa mengurangi gejala mabuk termasuk mual, muntah dan diare.

Tanpa campuran ini, jahe juga dapat dikonsumsi. Buatlah air jahe dengan mendidihkan air bersama jahe, kemudian campur dengan teh. 

4. Mandi air hangat
Untuk menghilangkan mabuk akibat efek alkohol adalah dengan melenyapkan alkohol tersebut dari dalam tubuh. Dengan berkeringat, sistem limfatik bisa menghilangkan alkohol dari dalam tubuh. 

Jika belum memungkinkan untuk berolahraga, ada baiknya orang mencoba mandi air hangat untuk bisa mengeluarkan keringat. 

5. Tidur
Saat mabuk, ada orang yang cenderung tertidur. Tidur memang jalan terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh. Saat tidur, organ mendapat kesempatan untuk beristirahat dan memperbaiki kondisi. Sedangkan ketika mabuk, organ hati harus bekerja keras untuk memecah alkohol.
 

Loading...
Loading...

Berita Terkait