Rabu, 13 Maret 2019 08:56 WITA

30 Tahun World Wide Web, Penciptanya Peringatkan Kita Tentang Bahayanya

Editor: Suriawati
30 Tahun World Wide Web, Penciptanya Peringatkan Kita Tentang Bahayanya
Tim Berners-Lee

RAKYATKU.COM - Pada 11 Maret 1989, Tim Berners-Lee, seorang programmer komputer Inggris yang bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, mengirimkan proposal untuk sistem manajemen informasi.

Bosnya merespons dengan catatan yang bertuliskan "samar-samar tapi mengasyikkan."

Proposal itu adalah sketsa pertama dari apa yang akan menjadi World Wide Web, menciptakan sistem yang berfungsi di internet saat ini.

Tapi pada peringatan 30 tahun penemuan terobosannya, Berners-Lee telah memberikan peringatan bahwa "perjuangan untuk web adalah salah satu penyebab paling penting di zaman kita."

Dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan hari Selasa (12/03/2019), ia menulis tentang konsekuensi dari divisi yang berkembang yang dipicu oleh penemuannya.

"Tentu saja dengan setiap fitur baru, setiap situs web baru, perbedaan antara mereka yang online dan mereka yang tidak bertambah, membuatnya semakin penting untuk membuat web tersedia untuk semua orang," tulisnya dalam surat itu.

Penemu web itu sekarang menjalankan World Wide Web Consortium (W3C) yang bertujuan untuk membantu mengembangkan berbagai standar dan pedoman untuk pengoperasian web.

Loading...

Melalui yayasannya, ia meluncurkan kampanye yang disebut "Kontrak untuk Web" untuk "menetapkan norma, hukum, dan standar yang jelas yang menopang web."

Berners-Lee membuat pengumuman tentang upaya barunya di konferensi teknologi Web Summit di Lisbon, Portugal, tahun lalu. Pemerintah Perancis dan lebih dari 50 perusahaan, termasuk Facebook dan Google, telah menandatangani kontrak, yang akan diterbitkan secara penuh pada bulan Mei.

Internet dan web
Saat ini, internet dan web adalah kata-kata yang digunakan secara bergantian seolah itu sama, tapi sebenarnya fungsinya berbeda.

Web adalah sistem yang banyak digunakan untuk mengakses internet. Sementara internet adalah jaringan-jaringan komputer yang memungkinkan komputer dan berbagai perangkat saling berkomunikasi.

Berners-Lee mengatakan sistem komunikasi ini telah "memberikan suara kelompok-kelompok yang terpinggirkan," tetapi juga "menciptakan peluang bagi para scammer, memberikan suara kepada mereka yang menyebarkan kebencian, dan membuat segala jenis kejahatan lebih mudah dilakukan."

Tapi Berners-Lee mengatakan dia juga optimis tentang masa depan web. Dia mengatakan dan bahwa "akan menjadi kekalahan dan tidak imajinatif jika menganggap bahwa web seperti yang kita tahu tidak dapat diubah menjadi lebih baik dalam 30 [tahun] ke depan."

Tags
Loading...
Loading...