Rabu, 13 Maret 2019 03:30 WITA

Murah, Segini Harga Realme 3 dan Spesifikasinya

Editor: Fathul Khair Akmal
Murah, Segini Harga Realme 3 dan Spesifikasinya
Realme 3

RAKYATKU.COM - Realme 3 resmi meluncur, Selasa (12/3/2019). Salah satu aspek yang paling mencolok dari penampilan fisik realme 3 adalah balutan warnanya yang kini memiliki gradasi cukup unik karena memadukan warna biru dan hitam. 

Desain seperti ini jelas berbeda dengan pendahulunya, realme 2, yang hadir dengan konsep diamond. Desain unibodi yang diusung realme 3 juga terasa kokoh dan enteng saat digenggam dengan satu tangan. Maklum, ponsel ini terbilang ringan karena hanya memiliki bobot sekitar 175 gram dengan ketebalan hanya 8,3 mm saja.

Pada bagian kiri ponsel, terdapat tombol volume dan slot SIM Card. Sedangkan tombol power berada di sisi kanan. Beranjak ke bagian punggung ponsel, realme menyematkan sepasang kamera belakang yang disusun secara vertikal, pemindai sidik jari, dan logo realme.

Realme 3 menggunakan layar dewdrop yang bisa dibilang sebagai versi upgrade dari layar notch realme 2. Sedangkan luas layarnya berukuran 6,22 inci dengan bezel yang hanya 2,05 mm, dikutip dari suara.com.

Bahkan, ponsel terbaru ini memiliki aspek rasio screen-to-body menyentuh 88,3 persen, sehingga memberikan tampilan visual yang mumpuni saat dipakai untuk menonton video atau bermain game.

Spesifikasi realme 3 dipersenjatai prosesor MediaTek Helio P60 yang mengadopsi proses FinFET 12 nm terbaru dari TSMC yang secara teknis sanggup menghemat daya sebesar 15 persen bila dibandingkan dengan prosesor 14 nm.

Chipset Helio P60 juga mengadopsi struktur 8-inti (octa-core) yang dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73 berkecepatan 2.0 GHz. Sedangkan untuk penyimpanan data, realme 3 dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Selama masa uji, proses transisi antar aplikasi nyaris berjalan mulus tanpa hambatan, termasuk saat dipakai untuk bermain game PUBG Mobile.

Sementara untuk menguji performa secara teknis, aplikasi benchmark AnTuTu memberikan skor 130.686 untuk realme 3. Nilai tersebut sebenarnya terbilang tinggi untuk ukuran ponsel di kelas entry-level.

Dari aspek perangkat lunak, realme 3 membawa tampilan antarmuka ColorOS 6.0 berbasis Android 9 Pie. Dengan OS tersebut, desain UI/UX pada realme 3 terasa memiliki tampilan antarmuka layaknya Pure Android Experience.

Imbasnya, ponsel tak hanya memiliki tampilan yang lebih menarik, namun juga menjadi lebih responsif saat menerima perintah dan pemakaian baterai pun menjadi lebih efisien.

Untuk mendukung kebutuhan pengguna akan hiburan, submerek Oppo ini tidak lupa mempersenjatai realme 3 dengan kamera belakang ganda beresolusi 13 MP + 2 MP.

Loading...

Sementara kamera depannya juga mengalami peningkatan dengan kamera depan 13 MP dalam kombinasi lensa 5P, dengan aperture yang diperbesar menjadi f/2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12um.

Salah satu mode pemotretan yang wajib dicoba pada realme 3 adalah Nightscape. Melalui mode ini, pemotretan di malam hari menjadi lebih mudah dan bahkan hanya dengan menggunakan tangan kosong.

Pasalnya, mode Nightscape terintegrasi dengan teknologi AI, sehingga bisa bisa menyinergikan multi-frame dengan algoritma anti-shake. Imbasnya, mode Nightscape mampu mengurangi noise secara signifikan sekaligus meningkatkan kualitas gambar saat memotret di lingkungan yang minim cahaya.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki mode Chroma Boost untuk memudahkan pengguna dalam mengenali objek. Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan pengaturan yang tepat, sehingga warna yang dihasilkan pun dapat terlihat cerah.

Serupa dengan pendahulunya, realme 3 didukung baterai berkapasitas 4.230 mAh, sebuah kapasitas yang besar dibandingkan produk kompetitor dalam kisaran harga yang sama.

Baterai yang besar juga didukung manajemen daya yang baik dari chipset Helio P60.

Realme 3 juga dilengkapi dengan CABC (Content Adaptive Backlight Control), di mana smartphone ini dapat secara otomatis menyesuaikan rasio kontras pada setiap konten yang ditampilkan, memastikan gambar terlihat jelas dengan tetap mempertahankan kecerahan rendah, mengurangi arus pada layar dan menghemat daya.

Dalam pemakaian normal, realme 3 dapat bertahan seharian. Sebuah keunggulan yang jarang dimiliki oleh ponsel dengan banderol di bawah Rp 2 juta.

Setelah menggunakan realme 3 selama kurang lebih dua pekan, daya tarik pada dua hal, yaitu chipset dan fotografi malam.

Chipset Helio P60 tak hanya piawai dalam mengefisiensikan pemakaian baterai, namun juga memaksimalkan kemampuan teknologi AI untuk melakukan berbagai tugasnya, termasuk membantu optimalisasi mode Nightscape dalam menangkap gambar di kondisi cahaya redup.

Ringkasnya, realme 3 merupakan ponsel murah, namun dengan spesifikasi yang jauh dari kata murahan.

Loading...
Loading...