Minggu, 10 Maret 2019 07:30 WITA

Jerry Merryman, Sang Pemicu Revolusi Elektroik 

Editor: Eka Nugraha
Jerry Merryman, Sang Pemicu Revolusi Elektroik 

RAKYATKU.COM --- Jerry Merryman mungkin tak setenar Albert Enstein. Tetapi dia adalah pemicu revolusi elektronik. 

Dunia mungkin tidak seperti sekarang jika itu tanpa penemuannya. Hasil aritmatika melalui teknologi kalkulator adalah salah yang yang mendorong terciptanya revolusi elektronik hingga saat ini. 

Dia adalah salah satu dari tiga orang yang dianggap sebagai penemu kalkulator genggam. Dia adalah perintis yang merintis jalan untuk komputer yang kita kenal sekarang dengan diciptakannya sirkuit terintegrasi. 

“Saya meraih gelar Ph.D. di bidang ilmu pengetahuan tentang materi, dan saya mengenal ratusan ilmuwan, profesor, para pemenang Hadiah Nobel, dan lain-lain. Jerry Merryman adalah yang paling cerdas yang pernah saya jumpai. Titik. Benar-benar, sangat cerdas,” ujar Vernon Porter, mantan kolega dan sahabatnya di Texas Instrument. 

Jerry Merryman, salah satu penemu kalkulator elektronik gengam, yang menurut mereka yang mengenalnya sebagai orang yang tidak hanya cerdas namun juga baik hati dan memiliki selera humor yang baik, telah tutup usia. Jerry meninggal dunia dalam usia 86 tahun.

Merryman wafat tanggal 27 Februari di sebuah rumah sakit di Dallas akibat komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal, ujar putri trinya, Kim Ikovic. Ia mengatakan Jerry telah dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember setelah mengalami komplikasi selama pembedahan untuk memasang alat pacu jantung.

Mantan koleganya di Texas Instruments dan juga temannya yang lain, Ed Millis, berkata, “Jerry yang mengerjakan rancangan sirkuit untuk kalkulator ini dalam waktu tiga hari, dan apabila ia mampir, ia akan bersandar dan mengatakan, ‘selamat malam.’”

Merryman mengatakan kepada jaringan sindikasi radio “semua masuk dalam pertimbangan” tahun 2013, “saat itu menjelang akhir tahun 1965 dan Jack Kilby, atasan saya, mengemukakan gagasan tentang sebuah kalkulator. Ia memanggil beberapa orang ke kantornya. Ia berkata, kami ingin menciptakan semacam perangkat komputasi, mungkin untuk menggantikan penggaris geser. Mungkin akan menyenangkan apabila ukurannya bisa sekecil buku yang saya pegang di tangan ini.”

Merryman menambahkan,”Konyolnya saya, saya kira kami hanya sekedar memproduksi kalkulator, namun sesungguhnya kami menciptakan sebuah revolusi elektronik,” kata dia. 

Pihak Smithsonian mengatakan ketiga orang itu telah cukup mencapai kemajuan pada bulan September 1967 untuk mendaftarkan sebuah paten, namun mereka revisi lagi hasil ciptaannya hingga mereka akhirmya mendaftarkannya pada bulan Juni 1974.

Teman-teman dan keluarganya mengatakan ia selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu. Putrinya, Melissa Merryman, ingat mendiang menciptakan alat penyetel pianonya sendiri. Teman dan mantan koleganya, Gaynel Lockhart, ingat tentang sebuah teleskop di rumahnya dengan motor yang tersambung yang memungkinkannya untuk mengikuti pergerakan planet di sepanjang malam.

Di tengah berbagai prestasinya, Jerry tetaplah seorang yang rendah hati. “Ia tidak pernah sesumbar atau menyombongkan dirinya, tidak pernah sekalipun,” ujar Melissa Merryman, yang kemudian menjadi saudara tiri dari temannya, Kim Ikovic, saat mereka menjodohkan orang tua masing-masing, yang menikah pada tahun 1993.

Jerry Merryman pensiun dari Texas Instruments bulan Januari 1994, demikian pernyataan dari perusahaan itu.

“Ia selalu berkata, ia tidak peduli apabila ia akan menjadi orang terkenal atau tidak, selama teman-temannya berpendapat ia bekerja dengan baik, itu sudah cukup membuatnya bahagia,” ujar Phyllis Merryman.

Loading...
Loading...

Berita Terkait