Rabu, 20 Februari 2019 15:08 WITA

Ketika Kencan Tapi Hanya Diam, Robot yang Wakili Bicara

Editor: Suriawati
Ketika Kencan Tapi Hanya Diam, Robot yang Wakili Bicara
Cyber Agent

RAKYATKU.COM - Bahkan robot pun menggantikan manusia berbicara ketika kencan.

Yah, baru-baru ini sebuah pesta kencan kilat di adakan di Tokyo, di mana peserta manusia hanya duduk diam di atas meja, sementara robot kecil menggantikan mereka berbicara.

Acara aneh itu diselenggarakan oleh Contents innovation Program (CiP) yang mengkhususkan diri dalam pengembangan AI, robotika dan teknologi lainnya.

Dalam serangkaian video yang diposting di YouTube, pria dan wanita dapat dilihat duduk berhadapan satu sama lain. Tapi mereka hanya duduk diam saja, sementara tatapan mereka terfokus pada dua robot kecil yang ditempatkan di atas meja di antara mereka.

Sementara itu, asisten robot mereka saling mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban, berdasarkan informasi yang dimuat sebelumnya ke dalam sistem mereka.

Informasi itu dirangkum dari 45 pertanyaan yang dijawab oleh para peserta sebelum acara.

Percakapan antara robot berlangsung sekitar tiga menit, dan pada akhirnya peserta memiliki pilihan untuk memutuskan apakah mereka juga ingin terlibat dalam percakapan langsung dengan orang yang duduk di hadapan mereka, atau tidak.

Loading...

Menurut media Jepang, banyak dari 28 pria dan wanita yang ambil bagian dalam acara kencan unik itu terkesan oleh asisten robot mereka.

Para peserta mengatakan, karena robot berbicara atas nama mereka, mereka dapat fokus untuk mendengarkan dan belajar tentang orang lain.

"Itu mudah karena robot menjelaskan segalanya tentang saya, dan saya tidak perlu mengatakan apa-apa selama beberapa interaksi," kata seorang peserta.

Robot kecil yang digunakan dalam pesta kencan cepat itu dikembangkan oleh perusahaan media Jepang, Cyber ??Agent bekerja sama dengan raksasa teknologi Jepang, Sharp. 

Tags
Loading...
Loading...