Senin, 18 Februari 2019 03:30 WITA

Tips Beli HP Bekas dengan Benar Agar Tak Tertipu

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Beli HP Bekas dengan Benar Agar Tak Tertipu
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Beli HP murah biasanya dilakukan oleh warga Indonesia dengan membeli HP second, entah itu melalui toko HP atau melalui melalui online.

Namun saat ini, oknum nakal kerap menawarkan HP second dengan harga sangat murah. Entah itu dari HP curian atau barang oprekan alias refurbished.

Anda harus waspada jika ingin membeli HP second, jangan sampai barang yang kamu beli tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dilansir laman Jalantikus, berikut tips untuk beli HP second yang benar dan aman:

1. Mengenal HP yang Ingin Kamu Beli

Ketahui HP apa yang memang kamu butuhkan, bukan inginkan. Pastikan kamu dapat memanfaatkan HP tersebut dengan baik dan benar, bukan hanya untuk gaya.

Caranya adalah dengan melihat model, fitur, dan spesifikasi HP kamu. Kamu dapat mendapat segala informasi tersebut di web resmi HP yang diinginkan.

2. Ketahui Harga HP di Pasaran

Setelah memilih HP apa yang ingin kamu beli, pastikan kamu mengetahui harga pasaran HP tersebut. Jangan sampai kamu terkecoh dengan harga yang ditawarkan oleh penjual.

Kamu dapat mengetahui harga pasaran HP di Indonesia melalui toko Online seperti Shoppee.

Waspada dengan HP second yang dijual sangat murah, tidak ada penjual yang memasang harga terlalu murah kecuali ada masalah serius pada produknya.

3. Temui Penjual dan HP-nya Secara Langsung

Untuk memastikan HP yang kamu beli itu berkualitas, temui sang penjual secara langsung dan minta tinjau HP yang ingin kamu beli. Temui pembeli di lokasi ramai, jangan di tempat sepi dan gelap.

Loading...

Coba hal berikut saat mencoba HP-nya:

- Coba SIM card yang berisi nomor pribadi kamu, pastikan fungsi cas baterai masih berfungsi dengan baik, matikan dan nyalakan HP tersebut. Lakukan hal yang penting untuk berfungsi pada HP tersebut.

4. Cek HP dan Kelengkapan Aksesorisnya

Saat bertemu dengan penjual, kamu juga harus menanyakan aksesoris HP seperti kabel USB, charging brick, kartu garansi jika masih aktif, dan lainnya.

Untuk memeriksa kualitas konektivitas HP, kamu juga sebagiknya membawa peralatan berikut:

  • Bawa Laptop dan kabel USB (jika tidak disediakan penjual), digunakan untuk memastikan HP dapat terkoneksi.
  • Bawa microSD, pastikan HP masih dapat mendeteksi memori eksternal.
  • Headset, tentu digunakan untuk mengetahui port audio masih berfungsi atau tidak.
  • SIM card

Pastikan segala fitur multimedia seperti speaker, earpiece, kamera, konektivitas internet, WiFi, dan lainnya bekerja dengan baik.

Terakhir adalah cek kondisi fisik HP, apakah ada goresan kecil atau cacat HP lainnya. Hal ini dapat menjadi alasan penawaran HP yang lebih besar.

Nah khusus untuk HP Xiaomi, kamu dapat mengetahui apakah calon HP resmi atau tidak melalui nomor IMEI. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan memverifikasi nomor IMEI HP ke website Xiaomi.

5. Tawar Harga yang Terbaik

Terakhir yang kamu lakukan adalah menawar harga HP, karena kamu telah mengetahui pasaran harga HP-nya, maka seharusnya kamu dapat menawar dengan harga yang masuk akal.

Kamu dapat menawar sedikit lebih murah dari harga pasarannya, bisa dengan alasan goresan atau kartu garansi yang sudah tidak aktif. Setelah deal, bawa pulang HP-nya guys bukan penjualnya ya hehe...
 

Loading...
Loading...