Senin, 18 Februari 2019 02:00 WITA

10 Fitur Tersembunyi Google yang Belum Kamu Tahu

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
10 Fitur Tersembunyi Google yang Belum Kamu Tahu
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Google adalah situs pencarian yang sangat membantu kehidupan kita sehari-hari, mulai mencari bahan tugas, hingga hal-hal yang berkaitan dengan hobi.

Semenjak didirkankan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998, Google telah bertransformasi menjadi raksasa teknologi yang bergerak tidak hanya di bidang pencarian online.

Google memiliki banyak sekali layanan yang lain, seperti e-mail, layanan penyimpanan berbasis cloud, sistem operasi Android, hingga membuat handphone sendiri.

Akan tetapi tetap saja apa yang terbayang pertama kali ketika mendengar kata Google adalah kesaktian mesin pencarinya yang seolah bisa menemukan informasi apa saja, kecuali yang diblokir oleh pemerintah.

Meski begitu, masih ada banyak layanan Google yang belum banyak diketahui. Dilansir laman Jalantikus, berikut fitur-fitur tersembunyi yang dimiliki oleh Google 

1. Mencari Wajah Idola

Ketika sedang mencari foto idola, terkadang kamu hanya ingin foto yang menampilkan wajahnya saja bukan? Nah, Google sebenarnya punya fitur untuk ini geng.

Caranya, kamu buka tabs Images, lalu klik Search Tools. Pada menu Any type, pilih Face. Nantinya foto yang ditampilkan akan berupa foto-foto wajah aja geng!

2. Menerjemahkan Secara Instan

Tentu kamu sudah akrab dengan yang namanya Google Translate bukan? Nah, kamu bisa menggunakannya dengan cepat tanpa perlu membuka situsnya lo geng.

Caranya, ketik saja misalnya bahasa Jepang dari selamat pagi . Nantinya Google akan menampilkan terjemahannya di sisi paling atas hasil pencarian.

3. Kalkulator

Google juga bisa digunakan sebagai kalkulator. Ketika kamu memasukkan angka seperti 2 x 781, maka Google akan memunculkan snippet berbentuk kalkulator yang menampilkan jawabanmu.

Selain itu, kalkulator yang dimiliki oleh Google juga lumayan lengkap. Kamu bisa menghitung trigonometri seperti sin, cos, tan hingga menghitung logaritma.

4. Mengetahui Jumlah Populasi Indonesia

Ketika kamu mengetikkan pencarian Populasi Indonesia, maka Google akan menampilkan hasilnya dengan detail dalam bentuk snippet. Bahkan akan muncul perbandingan pertumbuhan populasi negara lain yang jumlah populasinya mirip dengan kita.

Contoh, ketika kita memasukkan Indonesia, maka akan muncul Amerika Serikat yang memiliki sekitar 300 juta penduduk dan Brazil yang memiliki sekitar 190 juta orang.

5. Membuka Situs yang Diblokir

Google juga bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir. Google akan berperan sebagai proxy untuk menyamarkan identitasmu.

Loading...

Caranya, kamu cukup mengetikkan cache:NAMAWEBSITE.com. Nantinya, situs yang diblokir tersebut akan terbuka.

6. Sebagai Alat Konversi

Kalau kamu ingin keluar negeri dan mau tahu nilai tukar mata uang, kamu cukup mencari tahu di Google. Misalkan, kamu ingin tahu 2 Dollar berapa Rupiah, nantinya akan muncul hasilnya, lengkap dengan fluktuasinya.

Selain uang, kamu juga bisa melihat hasil konversi satuan-satuan lain seperti panjang, luas, berat, dan lain sebagainya.

7. Mengetahui Zona Waktu

Kamu sering merasa penasaran dengan waktu di negara lain? Cari tahu aja dengan Google! Misalkan kamu mengetik keyword Di London jam berapa?, akan muncul langsung di Google jawabannya, lengkap dengan tanggalnya.

Fitur ini sangat bermanfaat ketika kamu sedang berada di luar negeri. Jadi, kamu bisa tahu kapan harus menelepon keluarga di rumah tanpa khawatir mereka masih berada di jam tidur.

8. Mengetahui Cuaca Hari ini

Kamu ingin main keluar bersama teman-teman tapi khawatir hari ini akan hujan? Sebelum berangkat, mending kamu cek dulu aja perkiraan cuaca melalui Google.

Dengan mengetikkan keyword cuaca hari ini, Google akan menampilkan secara detail informasi tentang cuaca di daerahmu dengan lengkap.

9. Main Game Snake dan Pacman

Kamu pasti pernah denger dong game legendaris dari Nokia bernama Snake? Game tersebut ternyata bisa dimainkan melalui Google.

Caranya, kamu cukup mengetikkan Play Snake di kolom pencarian Google. Nantinya, akan muncul snippet yang akan membawamu bermain game Snake.

Selain Snake, kamu juga bisa bermain game Pacman. Caranya sama, kamu cukup mengetikkan Play Pacman di Google. Masih banyak lo geng permainan lain yang bisa kamu mainkan!

10. Menguji Kecepatan Internet

Kamu merasa internetmu sangat lambat? Coba aja cek kecepatannya melalui Google. Fitur ini bisa kamu uji dengan mengetikkan keyword uji kecepatan internet.

Tekan tombol Jalankan Uji Kecepatan yang berwarna biru. Setelah beberapa detik, akan kelihatan deh berapa kecepatan internetmu!

Tags
Loading...
Loading...