Rabu, 13 Februari 2019 14:48 WITA

Data Diretas, Pengguna Dubsmash Harus Ganti Password

Editor: Andi Chaerul Fadli
Data Diretas, Pengguna Dubsmash Harus Ganti Password

RAKYATKU.COM - Pengguna aplikasi perpesanan video populer, Dubsmash diminta untuk segera mengubah kata sandi mereka setelah peretasan besar-besaran yang mengakibatkan detail akun mereka bocor ke dark web.

Rincian 162 juta pengguna Dubsmash dilaporkan ditawarkan untuk dijual di pasar gelap Dream Marketplace, bersama dengan rincian yang dicuri dari 15 situs web yang diretas lainnya.

Situs lainnya yang terkena dampak adalah MyFitnessPal, MyHeritage, ShareThis, HauteLook, Animoto, EyeEm, 8fit, Whitepages, Fotolog, 500px, Game Armor, BookMate, CoffeeMeetsBagel, Artsy, dan DataCamp.

Secara total, diklaim bahwa 617 juta detail akun online telah dicuri, dikutip dari The Register, Rabu (13/2/2019).

Data yang bocor dilaporkan termasuk nama pemegang akun, alamat email, dan kata sandi acak, serta beberapa informasi lokasi dan detail pribadi lainnya.

Informasi ini kemungkinan dibeli oleh spammer dan "kredensial isian", yang berupaya menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang bocor dari satu situs untuk masuk ke situs web lain.

Penjual mengatakan kepada The Register bahwa sebagian besar catatan dicuri pada tahun 2018, dan mulai dijual minggu ini. Data Dubsmash telah dibeli oleh setidaknya satu orang.

Firma hukum Lewis Brisbois mengkonfirmasi ke situs tersebut bahwa ia telah disewa oleh Dubsmash untuk menyelidiki kebocoran tersebut, dan mengatakan pihaknya berencana untuk memberi tahu "setiap dan semua orang yang sesuai".

Namun, Jake Moore, spesialis keamanan cyber di ESET UK, mengatakan bahwa semua pengguna situs yang terkena dampak harus segera mengubah kata sandi mereka.

"Jika Anda memiliki akun dengan kata sandi selama 10 tahun terakhir dan Anda belum mengubah kata sandi dalam 12 bulan terakhir, saya sarankan Anda mengubahnya dan menambahkan dua faktor otentikasi sekarang," katanya.

"Maka kamu bisa santai dengan berpikir bahwa setidaknya para peretas yang membeli data kamu telah menyia-nyiakan uang mereka."

Dubsmash adalah aplikasi perpesanan video yang populer di kalangan milenium yang memungkinkan pengguna membuat video dari diri mereka sendiri yang disinkronkan dengan lagu atau klip audio favorit mereka.

Loading...
Loading...

Berita Terkait