Senin, 04 Februari 2019 09:37 WITA

Berhenti Gunakan Facebook Ternyata Ada Manfaatnya

Editor: Andi Chaerul Fadli
Berhenti Gunakan Facebook Ternyata Ada Manfaatnya
foto: BrianAJackson / iStock

RAKYATKU.COM - Ada banyak alasan untuk memberikan boot Facebook, dari privasi hingga keprihatinan tentang manipulasi politik. Tetapi menurut sebuah studi baru, mungkin ada manfaat lebih lanjut untuk berhenti dari Facebook.

Para peneliti dari Stanford University dan New York University  menemukan bahwa menonaktifkan Facebook membantu beberapa pengguna mengurangi aktivitas online mereka. Juga meningkatkan aktivitas offline termasuk bersosialisasi dengan keluarga dan teman, dan mengurangi polarisasi politik.

Studi ini menemukan sampel acak dari 2.844 pengguna melalui iklan tampilan Facebook, menawarkan sekitar setengah dari mereka $ 102 untuk menonaktifkan profil Facebook mereka selama empat minggu. Dimulai tepat sebelum pemilihan jangka menengah 2018 November dan berakhir tak lama setelah itu. 

Loading...

Hasilnya, para peserta yang menonaktifkan akun mereka membebaskan rata-rata satu jam tambahan sehari. Beberapa pengguna menggunakan waktu itu untuk menonton lebih banyak TV atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. 

Tetapi kelompok lain mengatakan bahwa mereka mengikuti berita tentang politik atau Presiden, dan kurang mampu menjawab pertanyaan faktual tentang peristiwa berita terkini, dikutip dari Science Alert, Senin (4/2/2019.

Loading...
Loading...