Senin, 28 Januari 2019 01:30 WITA

Hati-hati, Fasilitas WiFi Gratis Rentan Disusupi Hacker

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Hati-hati, Fasilitas WiFi Gratis Rentan Disusupi Hacker
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tidak bisa dipungkiri, banyak dari kita tidak bisa lepas dari internet dalam kehidupan sehari-hari. Entah hanya sebatas berkirim pesan atau update status di media sosial.

Untuk melakukan hal tersebut, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer saat ini. Alhasil, berbagai tempat umum, seperti bandara, kedai kopi, mall, hingga tempat makan pun menawarkan koneksi WiFi gratis.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, nyatanya ada bahaya yang mengintai. Salah satunya adalah betapa mudahnya hacker menyusup ke perangkat dan mencuri data-data pribadi kita.

Hal tersebut yang coba dibuktikan oleh pakar keamanan siber di Check Point Software Technologies, Dan Tan.

Dilansir dari Liputan6, Senin (268/1/2019), Tan mempraktekkan betapa mudahnya seorang hacker mencuri data pengguna melalui jaringan WiFi gratis yang tersedia.

Tak hanya itu, hacker juga mampu mengetahui apa yang dilakukan oleh korban ketika menghubungkan perangkatnya ke jaringan WiFi tersebut.

Ditemani oleh host tayangan Why It Matters, Joshua Lim, Tan dapat mengetahui apa yang sudah Joshua lakukan dengan smartphone-nya.

Ia mampu mengetahui bilamana Joshua sedang berselancar di internet dan mencari berita tentang meninggalnya Stan Lee.

Loading...

Menurut Tan, hacker yang sudah mendapatkan akses ke smartphone korban juga mampu mengetahui password, melihat email, dan juga mengakses berbagai dokumen.

"Saat men-download aplikasi WiFi gratis buatan hacker, mereka sudah langsung mendapatkan akses ke semua fitur smartphone korban," ucap Tan.

Diperlihatkan, Tan dapat mengirim file dan mencuri dengar percakapan korban tanpa sepengetahuan.

"Dengan data-data yang mampu dicuri, hacker dapat menirukan kamu, mengetahui pernah bertemu dengan siapa saja, dan dapat tahu informasi tentang teman-teman kamu," ungkapnya.

Lalu bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi terhadap kamu? Tan mengatakan, hal pertama yang tidak boleh dilakukan ketika memakai jaringan WiFi gratis adalah memasukan informasi pribadi ke layanan apapun.

Selain itu, kamu harus mempertimbangkan untuk menginstal solusi keamanan terpercaya di perangkat mobile yang digunakan.

Loading...
Loading...