Jumat, 25 Januari 2019 06:00 WITA

Ponsel Pertama Dunia Tanpa Tombol Fisik, Port USB, dan Lubang Speaker

Editor: Adil Patawai Anar
Ponsel Pertama Dunia Tanpa Tombol Fisik, Port USB, dan Lubang Speaker

RAKYATKU.COM - Meizu, salah satu pabrikan smartphone asal Cina, baru-baru ini resmi meluncurkan smartphone anyar bertajuk Meizu Zero.

Ada yang sangat menarik dari smartphone ini. Tak lain fakta bahwa Meizu Zero  adalah ponsel pertama di dunia yang terlahir tanpa tombol fisik, speaker, dan bahkan tanpa port USB.

Meizu Zero sepenuhnya menggunakan panel sentuh kapasitif sebagai pengganti untuk tombol daya dan volume konvensional. Hal ini sebenarnya agak mirip dengan apa yang dilakukan HTC di U12+, namun ponsel ini masih memiliki beberapa tombol fisik.

Untuk speakernya, Meizu Zero menggunakan transduser piezoelektrik yang tertanam di bawah layar. Fitur ini sangat mirip dengan teknologi yang dikembangkan oleh Sharp dan Xiaomi pada ponsel garapan mereka, yakni Sharp Aquos Crystal dan Xiaomi Mi Mix.

Nah, menghilangkan port USB mungkin bisa dibilang jauh lebih sulit. Namun, Meizu Zero berhasil melakukannya. Untuk melakukan pengisian daya ke Meizu Zero, smartphone ini  dibekali dengan  fitur pengisian nirkabel yang menawarkan pengisian 18W yang dikembangkan sendiri oleh Meizu. 
Perusahaan ini mengklaim bahwa Meizu Zero adalah smartphone  pertama yang hadir  dengan pengisian tercepat secara nirkabel.

Lalu bagaimana dengan proses  transfer data? Proses  transfer data dari dan ke Meizu Zero hanya bisa dilakukan melalui Wi-Fi dan jaringan seluler. Hal ini tentunya melibatkan dukungan penyimpanan berbasis cloud.

Loading...

Tak hanya itu, di Meizu Zero juga tidak ada slot SIM. Sebagai gantinya smartphone ini  menggunakan eSIM, yang  mirip dengan iPhone generasi terbaru.

Pada bagian depan, Meizu Zero mengemas layar AMOLED  berukuran 5,99 inci, dan terdapat fitur pemindai sidik jari yang tertanam di bawah layar. Selain itu, terdapat kamera selfie beresolusi 20MP yang tertanam di bawah layar. Pada bagian belakang, terdapat kamera ganda dengan konfigurasi 12MP + 20MP (terdiri dari sensor Sony IMX 380 dan IMX 350 AI).

Sementara untuk kinerjanya, Meizu Zero  mengandalkan prosesor octa-core  Qualcomm Snapdragon 845, GPU Adreno 630, OS Android v9.0 Pie, opsi penyimpanan RAM 4GB/ROM 64GB dan RAM 6GB/ ROM 128GB. Namun tidak mendukung penyimpanan memori eksternal melalui  kartu MicroSD.

Sayangnya, untuk saat ini belum ada informasi terkait harga Meizu Zero dan ketersediaan smartphone ini di pasar internasional.

Tags
Loading...
Loading...