Minggu, 20 Januari 2019 07:30 WITA

Facebook Berinvestasi USD300 Juta untuk Hidupi Media Lokal

Editor: Eka Nugraha
Facebook Berinvestasi USD300 Juta untuk Hidupi Media Lokal

RAKYATKU.COM --- Ini kabar gembira untuk perusahaan media cetak lokal. Facebook menyatakan pihaknya berinvestasi ingin USD300 juta dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Investasi itu program-program media lokal, kemitraan, dan berbagai inisiatif lainnya.

Dana investasi ini akan disalurkan dalam bentuk hibah pembuatan liputan untuk media-media lokal. Langkah itu akan memperluas program Facebook untuk membantu media-media lokal dengan model bisnis sistem berlangganan dan berinvestasi di berbagai lembaga nirlaba yang bertujuan untuk mendukung berita-berita lokal.

Keputusan ini diambil di tengah masa-masa sulit untuk industri berita, dimana mereka menghadapi kemerosotan tingkat laba dan jumlah pembaca media cetak. Facebook, seperti Google, dituding sebagai penyebab terus merosotnya pangsa surat kabar untuk meraup penghasilan dari iklan karena para pemasang iklan telah beralih untuk mengiklankan produk/layanannya di layanan online.

Campbell Brown, kepala kemitraan berita global di Facebook, mengakui perusahaan itu “tidak dapat membalikkan jarum jam.” Tapi mengatakan pihaknya ingin bekerja sama dengan para penerbit untuk membantu mereka meraih keberhasilan baik dalam jaringan sosial ataupun di luar jaringan sosial.

“Industri surat kabar tengah mengalami proses transisi besar-besaran yang telah dimulai sejak lama,” ujarnya. “Tak seorangpun dari kita mampu membayangkan bagaimana masa depan jurnalisme namun kami ingin menjadi salah satu pihak yang berkontribusi yang dapat menemukan jalan keluar.”

Loading...

Facebook telah meningkatkan fokusnya pada berita-berita lokal pada tahun lalu setelah memulai 2018 dengan pengumuman bahwa pihaknya tidak akan memberi prioritas pada berita-berita dan video di lini masa penggunanya di jaringan sosial dan lebih memprioritaskan unggahan dari teman-teman mereka.

Di saat yang sama, perusahaan itu secara berhati-hati menguji cara-cara untuk memprioritaskan kabar-kabar berita lokal yang dapat menarik minat penggunanya dan inisiatif untuk mendorong industri media lokal secara lebih luas. Facebook telah meluncurkan fitur yang disebut “Hari ini di” yang menunjukkan berita lokal dan informasi termasuk pengumuman orang hilang, penutupan jalan, berita kriminalitas dan pengumuman sekolah, dengan memperluas jangkauannya ke ratusan kota di AS dan beberapa di Australia.

Fran Wills, CEO Local Media Consortium, yang menerima dana senilai $1 juta bersama-sama dengan Local Media Association untuk membantu kantor-kantor berita yang menjadi anggotanya untuk mengembangkan arus pendapatan yang baru, mengatakan ia optimis investasi ini akan dapat membantu.

“Saya rasa mereka mengakui bahwa berita yang terpercaya dan kredibel akan bermanfaat tidak hanya untuk para penerbit lokal namun juga bagi mereka,” ujarnya.

Loading...
Loading...