Minggu, 20 Januari 2019 06:30 WITA

Pakar: Kecanduan Medsos Mirip Narkoba

Editor: Eka Nugraha
Pakar: Kecanduan Medsos Mirip Narkoba

RAKYATKU.COM --- Zaman sekarang ini, media sosial sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Bahkan, beberapa pakar malah menyebut jika media sosial juga masuk dalam kategori candu. 

Sejumlah pakah telah menemukan hubungan antara penggunaan media sosial yang berlebihan dengan tingkah laku yang biasa tampak pada pecandu narkoba.

Periset di Universitas Michigan di Amerika dan Universitas Monash di Australia mengatakan, pengguna berat media sosial cenderung membuat keputusan-keputusan yang lebih riskan. Sikap seperti ini biasanya tampak pada para pecandu narkoba.

“Kira-kira sepertiga manusia di planet ini menggunakan media sosial dan banyak dari mereka menunjukkan kecanduan yang berlebihan pada situs-situs dalam jaringan internet,” kata Dar Meshi, penulis utama dan asisten profesor di Universitas Michigan.

Loading...

“Kami berharap penemuan kami ini akan mendorong orang untuk lebih bertanggung-jawab dalam menggunakan jaringan media sosial,” kata Meshi.

Meshi dan timnya mendapati bahwa pengguna media sosial yang berlebihan juga seringkali mengambil risiko yang lebih besar, walaupun tahu banyak konsekuensi negatifnya, sama seperti para pencandu narkoba.

Loading...
Loading...