Jumat, 28 Desember 2018 06:27 WITA

5 Smartpone Selfie yang Layak Anda Miliki

Editor: Adil Patawai Anar
5 Smartpone Selfie yang Layak Anda Miliki

RAKYATKU.COM - Smartpone dengan fitur selfie masih menjadi pilihan bagi konsumen tanah air dalam menentukan produk smartphone yang ingin dibeli. Apalagi menjelang akhir tahun ini, para pengguna smartphone tanah air banyak yang ingin mengganti perangkat smartphonenya dengan spesifikasi serta fitur yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Selain bisa menunjukkan eksistensinya di aplikasi sosial media, kemampuan smartphone selfie juga bisa memanipulasi wajah pengguna tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Smartphone yang memiliki fitur selfie dengan sensor kamera depan beresolusi tinggi saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Namun untuk dapat memboyong smartphone selfie berkualitas tinggi diperlukan kocek yang agak dalam agar bisa membawanya pulang. Menariknya lagi, dengan harga 3 jutaan para vendor sudah menyediakan perangkat smartphone dengan fitur selfie kekinian yang dikombinasikan dengan spesifikasi smartphone kelas menengah atas yang sudah mumpuni untuk digunakan dalam beragam aktivitas.

Berikut jajaran smartphone selfie dengan harga 3 jutaan yang tersedia di pasaran yang layak untuk dimiliki. Apa saja? Berikut ulasannya.  

1. Huawei Nova 3i

Rp 3.700.000

Smartphone selfie keluaran Huawei ini memiliki konfigurasi dua kamera depan yakni 24 MP, f/2.0 + 2 MP, depth sensor, kamera kedua yang tertanam memberikan efek bokeh. Tak hanya itu, selain dibekali dengan fitur AI perangkat ini juga telah dibekali dengan fitur beautify untuk mempercantik pengguna yang melakukan foto selfie. Namun andalan utama dari smartphone ini tak hanya kamera depan yang ditanamkan.

Perangkat ini juga memiliki tampilan desain yang sangat menggoda dan tentu saja kinerja yang ditawarkan juga sangat mumpuni untuk memenuhi semua aktivitas pengguna mulai dari fotografi, bermain game, sosial media hingga penunjang aktivitas kerja.

Nova 3i diotaki dengan chip terbaru yang dibangun dengan proses 12nm pertama dari Huawei, yakni Kirin 710. Kirin 710 diracik menggunakan proses pabrikasi 12nm, dan memiliki desain delapan inti yang terdiri dari empat Cortex-A73 dengan clock speed 2,2 GHz dan empat  Cortex-A53 dengan clock speed  1,7 GHz. Chipset yang tertanam ini diklaim memiliki performa yang lebih mumpuni dan lebih hemat daya. Tak hanya itu, prosesor ini mendukung LTE Cat.12 / 13, dual-card, dual 4G, dual VoLTE, dan mode Skyway. Tertanam pula dukungan RAM 4GB dan ROM 128GB yang penyimpanannya dapat diperluas hingga 256GB dengan hadirnya MicroSD.

Handphone ini dilengkapi dengan layar lapang berukuran 6,3 inci yang memiliki aspek rasio 19: 9. Di sektor fotografi, selain kamera ganda di bagian depan Huawei Nova 3i juga dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 16MP + 2MP. Smartphone yang menjalankan Android v8.1 Oreo dan menampilkan antarmuka Huawei EMUI 8.1 ini  ditenagai oleh baterai berkapasitas daya 3.340 mAh yang mendukung pengisian daya 10W. Fitur lain yang dihadirkan ke Huawei Nova 3i adalah fitur AI dan GPU Turbo.

2. Xiaomi Mi 8 Lite

Rp 3.700.000

Smartphone versi murah dari flagship Xiaomi ini hadir dengan beragam kemampuan yang layak untuk dimiliki. Dengan harga 3 jutaan perangkat ini menawarkan beragam fitur menarik mulai dari tampilan desain, kinerja hingga fitur fotografi yang menggoda.

Sebagai smartphone yang mengutamakan fitur selfie sebagai nilai jual utamanya, smartphone ini dibekali kamera 24 MP dengan sensor Sony IMX579 dan memiliki aperture f/2.2. Kamera depan smartphone ini juga telah ditanamkan fitur-fitur berbasis AI, seperti teknologi AI Smart Beauty yang disebut sebagai AI Makeup Beauty. Apiknya, fitur AI Beauty juga support untuk merekam video. Tak hanya itu, Mi 8 Lite dipersenjatai dengan sensor dual-camera belakang 12 MP + 5 MP dengan aperture f/1.9. Kamera belakang smartphone ini bisa mengambil gambar dengan efek buram yang bisa disesuaikan. Ada juga fitur AI Scene Recognition yang telah ditambahkan dengan dua AI Scene, yakni Beach dan Sea Bottom.

Xiaomi Mi 8 Lite diketahui memiliki layar 6.26 inci beresolusi Full HD+ (2560 x 1080 piksel). Aspek rasio layarnya sudah 19:9, dan tak ketinggalan smartphone ini juga sudah memiliki notch di atasnya. Sebagai versi lebih murah, Mi 8 Lite mengalami sedikit downgrade dari sisi dapur pacu. Bila Mi 8 hadir mengusung Snapdragon 845, di very Lite-nya Xiaomi membenamkan Snapdragon 660 AIE sebagai otak dari Mi 8 Lite. Seperti diketahui, Snapdragon 660 AIE adalah prosesor octa-core yang diproduksi dengan menggunakan proses FinFET 10 nm. Di dalam chipset ini juga tertanam GPU Adreno 512.

3. Vivo V11

Loading...

Rp 3.799.000

Smartphone yang memang ditujukan untuk pengguna yang gemar melakukan aktivitas selfie ini hadir dengan membawa kamera depan dengan resolusi 25MP yang juga sudah dibekali dengan AI untuk memaksimalkan fungsinya. Selain itu, kamera belakangnya adalah kamera ganda dengan konfigurasi 16MP+5MP yang masing-masing menggunakan aperture f/2.0 dan f/2.4 dan juga dilengkapi dengan lampu flash. Menariknya lagi, ponsel ini juga dibekali sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI) baik di sektor kamera belakang maupun kamera depan yang tertanam. Diantaranya adalah Anti-Backlight AI HDR, yang tidak hanya mampu mencari titik tengah antara exposure value objek utama dan latar belakangnya yang mendapatkan intensitas cahaya yang jauh berbeda, namun juga mampu menghilangkan efek backlight ketika ada cahaya langsung yang menuju ke lensa dari arah belakang objek utamanya.

Selain mengutamakan fitur fotografi, V11 hadir dengan mengusung desain layar penuh Ultra All Screen. Dengan ukuran layar 6,3 inch, dengan rasio aspek 19:9 dan rasio layar-ke-bodi 90,4% serta dikelilingi oleh bezel atau bingkai tipis. Dengan bobot 156 gram, V11 Fairy Pink  memaksimalkan aspek ergonomis dengan ukuran 154,8mm x 75mm x 7,9mm dan lengkungan 2.5D pada sisi belakang smartphone.

Untuk mendukung aktivitas multitasking para millennials sehari-hari, Vivo V11 dibekali dengan memori RAM 4GB, ROM 64GB, Octa-core AI Processor, dan sistem operasi FunTouch OS 4.5 berbasis Android 8.1 Oreo. Meskipun sudah dibekali dengan kapasitas memory internal yang besar, Vivo juga menyematkan slot kartu microSD untuk menambah data simpan perangkat hingga 256GB. Untuk autentifikasi, V11 Fairy Pink dilengkapi Fingerprint Scanner pad di sisi belakang smartphone, serta AI Face Access atau pemindai wajah. Dibekali dengan baterai berkapasitas 3315 mAh, Vivo V11 Fairy Pink sudah didukung dengan teknologi Fast Charging untuk pengisian daya baterai smartphone yang jauh lebih cepat dan nyaman.

4. Oppo F7 Pro

Rp 3.999.000

Meski sudah cukup lama beredar di pasaran, smartphone lawas keluaran Oppo ini masih sangat layak untuk dimiliki terutama bagi pengguna smartphone yang sering melakukan aktivitas selfie. Kamera depan Oppo F7 Pro ini F7 25 Megapiksel dengan sensor Sony IMX 576 yang juga menjadi yang pertama diperkenalkan di Indonesia. Perangkat ini juga akan membawa banyak fitur Artificial Intelligence yang kali ini tidak hanya berfungsi untuk fitur selfie saja.

Smartphone ini juga tampil menarik dengan layar penuh 6,23 inci FHD+, dan dilengkapi beragam pembaharuan terkait teknologi Artificial Intelligence yang tak lagi hanya di sektor kamera selfie. Di sisi hardware, OPPO F7 akan disokong prosesor MediaTek Helio P60 Octa-core, RAM 6GB serta penyimpanan internal 128GB yang dapat diekspansi dengan kartu microSD (dedicated slot).

5. Realme U1

Rp 2.899.000

Bisa jadi, kehadiran Realme U1 di pasaran menjadi smartphone selfie dengan resolusi kamera depan yang besar namun tetap memiliki banderol harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan para pesaingnya.

Sebagai smartphone selfie, smartphone ini telah dibekali kamera depan 25 MP sensor Sony IMX576 dengan dengan 0,9µm piksel yang membuat kemampuannya mengambil foto selfie menjadi lebih baik, seperti di malam hari. Adapun alit bidik utama smartphone ini sudah mengadopsi dual-camera dengan konfigurasi 13MP (f/2.2) + 2MP (f/2.4).

Realme U1 mengusung layar 6.3 inci dengan reoslusi  Full HD+ (1080 x 2340 piksel) yang telah dilindungi dengan lapisan 2.5D Corning Gorilla Glass 3. Sementara untuk panel belakangnya, smartphone namap telah dilapisi bahan akrilik khusus seperti kaca yang cukup ringan, namun di sisi lain juga tetap solid dan kuat. Di sektor kinerja, smartphone ini ditopang oleh prosesor Octa-Core MediaTek Helio P70 (Quad 2.1GHz Cortex A73 + Quad 2GHz Cortex A53 CPUs) yang ditandem dengan GPU Mali-G72 MP3. Chip Helio P70 merupakan prosesor terbaru MediaTek yang dibuat dengan proses produksi FinFET 12nm. Tertanam pulas dukungan RAM sebesar 4GB yang dikombinasikan dengan ROM 64GB.

Sumber: Tabloidpulsa

Tags
Loading...
Loading...