Minggu, 23 Desember 2018 13:31 WITA

Serangan Cyber Mencoba Mengenai Komputer Setiap Lima Menit

Editor: Suriawati
Serangan Cyber Mencoba Mengenai Komputer Setiap Lima Menit
INT

RAKYATKU.COM - Komputer, ponsel dan Webcam yang terhubung ke internet menghadapi upaya serangan cyber setiap lima menit.

Menurut penelitian baru oleh perusahaan cybersecurity Netscout, serangan-serangan itu adalah jenis yang sama yang digunakan oleh Mirai, sebuah program jahat yang menyebabkan kekacauan pada tahun 2016 dengan menyerang lebih dari 600.000 perangkat dan menggunakannya untuk meluncurkan serangan di situs web termasuk Netflix, Airbnb dan Twitter. 

Sebagian besar komputer dan smartphone akan kebal terhadap metode semacam itu, tapi banyak perangkat "internet of things" yang masih tetap rentan, seperti webcam, perekam video digital, dan printer.

"Jika Anda membawa laptop Anda ke kedai kopi, dan Anda memiliki alamat IP publik, kemungkinan seseorang akan mencoba (meretas)," kata Matt Bing, analis keamanan utama di Netscout. 

"Dalam 24 jam terakhir kami melihat lebih dari 20.000 upaya untuk login, dan itu hanya satu hari .... kegiatan ini seperti suara latar belakang internet. Itu selalu ada."

Dalam penelitiannya, Netscout mencoba menarik perhatian penyerang dengan mengatur "honeypots", koneksi palsu yang dirancang agar terlihat seperti perangkat yang rentan. Mereka kemudian mencatat setiap upaya yang dilakukan untuk meretasnya.

Loading...

Dalam beberapa menit, honeypots ditargetkan oleh botnet mirip Mirai yang memilih alamat IP secara acak dan kemudian mencoba menghubungkannya dengan menelusuri daftar nama pengguna dan kata sandi default.

Pakar keamanan dunia maya telah berulang kali memperingatkan bahwa terlalu banyak perangkat "internet of things" masih menggunakan kata sandi seperti itu dan terlalu jarang diperbarui. Hal itu bisa memberikan akses mudah ke pada penyerang.

Bing mengatakan para pengguna dapat melindungi diri mereka dari botnet dengan memastikan semua perangkat mereka hanya terhubung ke internet melalui firewall atau melalui router rumah.

Mirai adalah program botnet yang dibuat oleh Paras Jha, seorang mahasiswa ilmu komputer di New Jersey, AS yang menggunakannya untuk menunda ujian kalkulusnya dengan menyerang situs web universitasnya dan yang juga menjalankan bisnis sampingan untuk melindungi perusahaan lain dari jenis serangan yang sama.

Untuk menipu penyelidik, ia kemudian merilis kode sumber Mirai online, yang mengarah ke banyak peniru yang sekarang mengendalikan botnet di seluruh dunia.

Tags
Loading...
Loading...