Jumat, 21 Desember 2018 07:27 WITA

Tak Sesuai Harapan Saat Promosi, Wanita Ini Gugat Apple  

Editor: Adil Patawai Anar
Tak Sesuai Harapan Saat Promosi, Wanita Ini Gugat Apple  

RAKYATKU.COM - Gara-gara layar notch yang diadopsi iPhoneX, iPhone XS, dan iPhone XS Max, Apple dikabarkan telah digugat secara oleh seorang konsumennya.

iPhone X diketahui bukanlah smartphone pertama yang memiliki desain notch di layar, karena sebelumnya sudah ada smartphone lain yang juga mengadopsinya, antara lain Essential Phone dan Sharp Aquos S2. Namun demikian, layar notch seolah sudah menjadi ciri tersendiri ketika iPhone X diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Berlanjut, pada  seeelah PhoneX, Apple juga mengadopsinya di seri iPhone XS dan iPhone XS Max. Smartphone  yang menerapkan desain layar edge-to-edge  dan  bezel sangat tipis ini mau tidak mau menghadirkan notch untuk menaungi kamera depan dan sensor untuk FaceID.

Sang penggugat adalah seorang wanita bernama Courtney Davis, yang berdomisili di Distrik Utara California. Wanita ini beberapa hari lalu mengajukan gugatan terhadap Apple. Davis merasa ditipu mentah-mentah oleh beberapa gambar promosi dan  pemasaran yang digunakan Apple untuk mempromosikan iPhone XS dan iPhone XS Max.

Seperti dilansir  Business Insider, ketika melihat gambar-gambar promosi ini, Davis  berpikir bahwa iPhone XS yang dibelinya tidak memiliki notch. Dalam benak Davis, iPhone XS akan memiliki desain layar penuh, tanpa notch. Tapi ternyata dia keliru, karena iPhone XS yang dibelinya memang memiliki notch.

Gugatan yang dilayangkan oleh Davis menjelaskan betapa sulitnya untuk melihat bagian notch dengan latar belakang hitam seperti yang digunakan oleh Apple di gambar-gambar promosinya. Gugatan meminta Apple untuk kompensasi atas kerugian tersebut. Ini juga membuat referensi ke Apple melebih-lebihkan jumlah piksel di layar karena sudut bulat.

Loading...

Dalam pengaduan yang diajukan pada Jumat (14/12) lalu, pengacara Courtney Davis menuduh Apple mendesain materi periklanannya untuk mengaburkan desain notch di layar. Sehingga menjadikan konsumen (termasuk Davis) meyakini bahwa iPhone XS yang dia pre-order tidak memiliki notch di layar.

Meskipun benar bahwa dalam beberapa gambar promosi yang diposting oleh Apple, menampilkan layar ‘seakan’ tanpa notch, namun sebenarnya banyak gambar materi promosi lain yang ditampilkan di situs resmi Apple yang menunjukkan dengan jelas adanya notch di iPhoneX, iPhone XS dan iPhone XS Max. Bahkan, spesifikasi iPhoneX, iPhone XS dan iPhone XS Max  yang tertera di situs Apple, desain notch itu sangat jelas terlihat.

Davis menuntut kompensasi sejumlah uang dari Apple karena merasa “tertipu” dari materi iklan yang ditampilkan. Gugatan yang diajukan Davis merupakan pertama kali, khususnya menyangkut gambar pemasaran yang berkaitan dengan iPhone premium terbaru.

Berkaitan dengan poster pemasaran iPhoneX, iPhone XS dan iPhone XS Max yang bocor pada Agustus lalu, ada juga memang media dan reviewer teknologi yang mengatakan bahwa latar belakang hitam  di layar secara efektif menyembunyikan desain notch atau setidaknya tidak terlihat dengan jelas. 

Tags
Loading...
Loading...