Minggu, 09 Desember 2018 03:30 WITA

Baterai Terkecil di Dunia, Kemampuannya Luar Biasa

Editor: Andi Chaerul Fadli
Baterai Terkecil di Dunia, Kemampuannya Luar Biasa

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan telah mengembangkan perangkat dpt dipakai baterai terkecil di dunia yang dapat mengukur paparan cahaya di beberapa panjang gelombang, dari ultra violet (UV). Hingga bagian yang terlihat dan bahkan inframerah dari spektrum matahari. 

Ketika perangkat bertenaga surya itu dipasang pada peserta, baterai itu mencatat berbagai bentuk paparan cahaya selama kegiatan di luar ruangan, bahkan di dalam air, kata para peneliti dari Northwestern University di AS, dikutip dari Indian Express, Minggu (9/12/2018).

Perangkat itu memantau sinar UV terapeutik di bilik fototerapi klinis untuk psoriasis dan dermatitis atopik serta fototerapi cahaya biru untuk bayi baru lahir dengan penyakit kuning di unit perawatan intensif neonatal. 
Ini juga menunjukkan kemampuan untuk mengukur paparan cahaya putih untuk gangguan afektif musiman, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Perangkat ini memungkinkan fototerapi presisi untuk kondisi kesehatan ini, dan dapat memantau, secara terpisah dan akurat, paparan UVB dan UVA untuk orang yang berisiko tinggi untuk melanoma, bentuk kanker kulit yang mematikan. Untuk pengguna rekreasi, sensor dapat membantu memperingatkan akan terjadinya sengatan matahari, kata para peneliti. 

"Dari sudut pandang pengguna, itu tidak bisa lebih mudah digunakan - itu selalu belum pernah perlu diisi ulang," kata John Rogers, seorang profesor di Northwestern University.

“Beratnya lebih banyak seperti tetesan hujan, memiliki diameter yang lebih kecil daripada M & M dan ketebalan kartu kredit. Anda bisa memasangnya di topi Anda atau menempelkannya ke kacamata hitam Anda atau menonton, ”kata Rogers. 

Ini juga kasar, tahan air dan tidak membutuhkan baterai. "Tidak ada saklar atau antarmuka yang aus, dan itu benar-benar disegel dalam lapisan tipis plastik transparan," kata Rogers. 

“Ini berinteraksi secara nirkabel dengan telepon Anda. Kami pikir itu akan bertahan selamanya,” katanya.

Tags