Selasa, 04 Desember 2018 19:35 WITA

Pesawat Luar Angkasa NASA Tiba di Asteroid Bennu, Ini Misi Ambisiusnya

Editor: Suriawati
Pesawat Luar Angkasa NASA Tiba di Asteroid Bennu, Ini Misi Ambisiusnya
Foto asteroid Bennu ini dari jarak 85 mil

RAKYATKU.COM - Pesawat luar angkasa NASA baru saja mendarat di asteroid Bennu. OSIRIS-REx tiba di tujuannya, setelah melakukan perjalanan lebih dari dua tahun.

Bennu adalah batuan yang relatif kecil, dengan diameter sekitar 1.600 kaki. Tingginya kira-kira sama dengan Empire State Building.

Asteroid ini sangat menarik bagi para ilmuwan karena bongkahan puing dan material organik-nya mungkin menyediakan depot bahan bakar untuk misi luar angkasa di masa depan. Selain itu, ini kemungkinan memegang petunjuk kuno tentang formasi tata surya kita.

OSIRIS-REx mendarat di Bennu pada hari Senin. Selanjutnya, itu akan berada di sana selama lebih dari satu setengah tahun untuk melakukan pengamatan, dan melakukan misi utamanya yang ambisius. 

Pada bulan Juli 2020, NASA bermaksud mengirim OSIRIS-REx ke permukaan Bennu dan mengumpulkan 4,4 pon batu, mengambil bebatuan dan menyimpannya di dalam kapsul yang kokoh, kemudian membawanya kembali ke Bumi. Jika semua berjalan sesuai rencana, asteroid itu akan jatuh ke gurun Utah pada tahun 2023. 

Itu akan menjadi sampel asteroid pertama yang dikembalikan oleh AS.

Bennu diyakini sebagai asteroid kuno yang terawat baik, mengandung fragmen kosmik yang lebih tua dari tata surya kita.

Para ilmuwan meyakini bahwa sebuah asteroid seperti Bennu, yang mengandung air beku, mungkin telah membawa air ke Bumi selama tabrakan kuno.