Senin, 03 Desember 2018 10:05 WITA

Toyota Ciptakan Robot Avatar Nyata, Begini Wujudnya

Editor: Suriawati
Toyota Ciptakan Robot Avatar Nyata, Begini Wujudnya
Avatar

RAKYATKU.COM - Kita mengenal avatar melalui film, tapi sekarang robot futuristik seperti itu benar-benar ada di kehidupan nyata.

Yah, Toyota baru saja mengungkapkan avatar yang dapat dikendalikan dari jarak sekitar 6 mil melalui komunikasi 5G.

Dinamai humanoid T-HR31, robot ini diklaim dapat digunakan untuk membantu orang-orang di rumah, rumah sakit, di lokasi konstruksi, area yang dilanda bencana, atau bahkan di luar angkasa.

Menurut Toyota, sistem bergantung pada remote control Master Maneuvering System, yang menggunakan berbagai sensor untuk mengkomunikasikan gerakan fisik secara langsung ke robot. Sistem ini memungkinkan operator mengendalikan robot dari jarak jauh.

Toyota Ciptakan Robot Avatar Nyata, Begini WujudnyaPerusahaan Jepang ini pertama kali meluncurkan robot humanoid tahun lalu. Itu dapat meniru tindakan operator manusia, misalnya menyeimbangkan diri dengan satu kaki dan meremas balon tanpa meletuskannya.

Dalam video uji coba yang dirilis perusahaan, kita bisa melihat bagaimana gerakan robot sesuai dengan apa yang dilakukan operator.

Loading...

Ketika operator menggerakkan lengan mereka, robot melakukan hal yang sama. Ia bahkan dapat bertransisi melalui beberapa posisi sambil berdiri dengan satu kaki.

"Anggota tim berkomitmen untuk menggunakan teknologi di T-HR3 untuk mengembangkan robot ramah dan membantunya hidup berdampingan dengan manusia dan membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari mereka," kata Akifumi Tamaoki, General Manager Partner Robot Division.

"Ke depan, teknologi inti yang dikembangkan untuk platform ini akan membantu menginformasikan dan mengembangkan robot masa depan untuk menyediakan mobilitas yang lebih baik bagi semua," katanya.

Toyota mengatakan akan menunjukkan teknologi ini pada acara Tokyo Big Sight dan Tokyo Skytree sebagai bagian dari DOCOMO Open House 2018 minggu depan. 

Tags
Loading...
Loading...